5 Tips Traveling di Bulan Ramadhan

5 Tips Traveling di Bulan Ramadhan - Haloo para pengunjung setia Artikel Tutorial yang hobby Traveling. Anda tentu paham dengan istailah “traveling”, bukan? Dan tentunya kalian semua yang membaca tulisan ini adalah orang-orang yang senang traveling alias jalan-jalan? Traveling sebagai hobby memang sah-sah saja dan tiada seorang pun di dunia ini yang berhak menentukan hobby kita, bukan? Bagi yang sering traveling, tentunya ini bisa menjadi hal yang sangat mengasyikkan.

Traveling adalah hobby yang sangat mengasyikkan, ini pasti akan disetujui oleh kita-kita penggiat traveling sebagai hobby. Bisa jalan-jalan keliling Indonesia atau bahkan traveling-traveling keliling dunia mungkin akan berkesan dan terasa “WOW”! Ada banyak alasan mengapa orang-orang (termasuk saya) menjadikan traveling sebagai hobby. Alasan itu diantaranya adalah ingin melihat “dunia luar” dari dunia yang selama ini setiap hari kita lihat.

5 Tips Traveling di Bulan Ramadhan
5 Tips Traveling di Bulan Ramadhan

Anda senang dan hobi traveling? Tapi harus menghentikan aktifitas itu karena sedang berpuasa di bulan Ramadhan tentunya? Hal ini sebenarnya tidak mesti jadi penghalang pagi anda. Sebagai traveler, di waktu apapun, anda akan tetap menjalankannya. Meskipun sebenarnya, melaksanakan hobi anda itu di bulan puasa akan sangat sulit.

Namun anda jangan putus asa dulu. Anda tidak perlu membatalkan jadwal traveling anda atau bahkan membatalkan puasa hanya karena melaksanakan traveling di Bulan Ramadhan. Di bawah ini adalah beberapa tips menjalankan traveling meski anda sedang berpuasa di bulan ramadhan.

Berikut 5 Tips Traveling di Bulan Ramadhan :
 
1. Memilih Tujuan Destinasi
Mengapa memilih tujuan destinasi adalah poin utama. Sebab anda harus dengan baik mempertimbangkan tujuan destinasi anda apakah cocok didatangi saat puasa. Misalnya destinasi atau tempat yang ingin anda kunjungi itu banyak tersedia rumah makan yang bisa menyediakan menu sahur anda. Kalau untuk berbuka pastinya akan banyak tempat. Namun tidak semua tempat yang biasanya buka di jam sahur. Sehingga akan menyusahkan anda untuk menjalankan sahur. Selain itu patut untuk memilih tempat yang sekiranya warga dan masyarakatnya juga cukup merespek muslim. Sehingga anda tidak kesulitan untuk menjalankan ibadah puasa.
2. Memilih Menu Makanan Sahur
Sangat penting mempertimbangkan makanan sahur anda. Sebab anda perlu menu makanan sahur yang juga sehat agar bisa bertahan hingga berbuka dan apalagi anda akan berjalan seharian. Maka, menu sahur yang sehat penting bagi anda jika berada dalam situasi travelling.

3. Menghemat Bawaan
Jangan terapkan cara anda bepergian saat di luar bulan ramadhan dan saat berpuasa. Sebab energi anda tentunya tidak akan sama. Jika anda ingin tetap traveling, bawalah bawaan yang tidak begitu berat karena akan menyulitkan anda sendiri jika nanti anda harus membawanya kesana kemari. Hal ini juga akan membuat anda mudah lelah dan juga tidak kuat menjalankan puasa.

4. Jangan Lupa Ibadah
Walaupun sedang travelling anda juga harus tetap memperbanyak ibadah di bulan ramadhan ini. Olehnya itu anda bisa juga memilih tempat yang dikunjungi berupa ikon mesjid serta mesjid kuno. Dengan cara ini anda bisa mengutamakan ibadah juga sembari bertraveling. Jika di setiap waktu shalat anda singgah untuk beribadah anda juga bisa memanfaatkan hal itu untuk beristirahat untuk siap bepergian lagi.
5. Hindari Traveling yang Berat
Jangan memilih aktifitas traveling yang berat. Sepeti hiking dan juga mendaki. Cukup memilih yang ringan, missal mengunjungi situs bersejarah dan juga situs lainnya. Anda bisa kembali melakukan aktifitas berat setelah ramadhan. Hal ini menjaga agar anda bisa menjaga puasa agar tidak dibatalkan.

Nah demikian dulu tips dari saya mudah-mudahan 5 Tips Traveling di Bulan Ramadhan yang saya bagikan ini berguna bagi anda semua dan jangan lupa nantikan tips-tips menarik lainnya hanya di blog ini. Terimakasih atas kunjungannya. Wassalam..