Ancaman Bahaya Mengonsumsi Air Es Setiap Hari

Ancaman Bahaya Mengonsumsi Air Es Setiap Hari - Minum tak hanya sekedar untuk menghilangkan asa haus, namun minum juga bermanfaat untuk mencegah tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh setelah melakukan berbagai aktivitas seharian. Sayangnya, banyak orang yang melakukan kesalahan dalam hal memilih jenis minuman, baik setelah olahraga maupun setelah makan. 

Ancaman Bahaya Mengonsumsi Air Es Setiap Hari
Ancaman Bahaya Mengonsumsi Air Es Setiap Hari

Minum air es memang sering dilakukan oleh setiap orang saat cuaca panas. Hal itu dikarenakan air es akan terlihat sangat menyegarkan saat cuaca terik dan panas. Tapi tahukah anda bahwa minum air es pada saat-saat tertentu akan berbahaya?, tidak hanya itu saja terlalu sering minum air es pun akan berbahaya. Bahaya itu sering tidak diperhatikan oleh masyarakat luas terbukti dengan penjualan lemari pendingin yang semakin laris manis di pasaran dan juga setiap rumah yang sudah memiliki lemari pendingin. Jika dulu lemari pendingin adalah barang yang mewah namun kini lemari pendingin dianggap sebagai barang yang biasa-biasa saja. Setelah anda tahu seberapa bahaya minum air es untuk kesehatan sebaiknya anda mulai memperbaiki pola minum anda.

Berikut ini adalah beberapa macam
Ancaman Bahaya Mengonsumsi Air Es Setiap Hari bagi kesehatan yang harus anda ketahui:

1. Membuat Tubuh Tidak Nyaman

Salah satu hal yang menjadi bahaya minum air es bagi kesehatan adalah akan membuat tubuh tidak nyaman. Minum air es akan melemahkan proses pencernaan, proses pencernaan yang lemah akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Untuk melancarkan dan menguatkan proses pencernaan dibutuhkan makanan hangat, minuman hangat dan juga makanan yang dimasak. Air es yang masuk jutru membuat proses panas yang dibutuhkan tubuh dalam proses pencernaan justru terpadamkan. Tubuh yang tidak nyaman itu ada di bagian perut. Rasa tidak nyaman ini mirip dengan gejala penyakit maag. Oleh sebab itu agar rasa tidak nyaman di dalam perut penderita maag  tidak bertambah parah, orang maag tidak boleh mengkonsumsi air es.

2. Membuat Usus Sempit

Bahaya air es yang lainnya adalah membuat usus menjadi sempit. Usus menjadi sempit ini akan menimpa orang yang sering mengkonsumsi air es setiap harinya. Alasannya adalah suhu yang dingin akan membuat pembekuan partikel lemak dan minyak pada makanan yang berminyak yang kita konsumsi. Hal itu tanpa kita sadari sering kita lakukan setiap harinya. Misalnya saja adalah sehabis kita mengkonsumsi makanan berminyak kita mengkonsumsi air es bukan air hangat atau air panas. Hal tersebutlah yang bisa menyebabkan penyempitan usus dikarenakan lemak di saluran usus menumpuk dan membeku. Jika usus sempit proses pencernaan pun akan terganggu sebab organ pencernaan juga terganggu.

3. Perut Buncit

Bagi wanita yang sedang menerapkan makanan untuk diet  sebaiknya tidak membiasakan diri meminum air es setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Hal itu dikarenakan diet anda akan terasa sia-sia. Alasannya adalah mengkonsumsi air es sehabis mengkonsumsi makanan untuk diet bisa membuat perut anda menjadi buncit. Tentu wanita tidak ingin perutnya terlihat buncit bukan?. Air es bisa membuat perut buncit dikarenakan untuk menghangatkan saat proses pencernaan dibutuhkan bantalan lemak. Bantalan lemak itulah yang nantinya akan membuat air es yang tadinya dingin menjadi hangat. Semakin banyak anda mengkonsumsi air es maka semakin banyak pula bantalan lemak yang dibutuhkan untuk membuat air es menjadi hangat. Lemak pun akan semakin menumpuk di dalam perut. Oleh sebab itulah perut akan menjadi semakin buncit sehingga dibutuhkan olahraga cukup dan teratur untuk bisa membakar lemak yang ada di dalam perut anda. Ketika perut anda buncit anda harus tahu cara melakukan olahraga yang baik dan benar  agar lemak di dalam perut semakin berkurang.

Baca juga :
4. Kembung dan Begah

Perut kembung dan begah tidak hanya dirasakan oleh penderita maag yang mengalami asam lambung  tinggi namun juga bisa dirasakan oleh orang yang terlalu banyak mengkonsumsi air es. Berikut ini alasan mengapa air es bisa menyebabkan perut terasa penuh, kembung dan begah :
ads
  • Air es akan membuat suhu tubuh terutama suhu perut menyesuaikan dengan makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan.
  • Es mengubah irama organ pencernaan yang ada di dalam perut.
  • Karena irama organ pencernaan berubah, selaput lendir yang ada di lambung berkontraksi.
  • Efek kontraksi membuat perut terasa kram. Enzim di dalam saluran pencernaan dan cairan asam yang biasanya menyebabkan maag langsung melakukan reaksi dengan cara memunculkan gas di dalam perut. Gas yang berlebihan akan membuat begah perut.

5. Bahaya Setelah Berolahraga

Anda harus tahu bahaya apa saja yang akan ditimbulkan air es ketika diminum sehabis berolahraga. Berikut ini adalah bahaya air es yang diminum sehabis anda melakukan olahraga :
  • Perubahan suhu tubuh sehingga proses metabolisme terganggu.
  • Pembuluh darah menyempit.
  • Airan darah tidak lancar.
  • Kram otot perut.
  • Otot perut mengalami kejang.
  • Otot jantung terganggu sehingga fungsi jantung menjadi terganggu.

6. Pusing atau Sakit Kepala
Akibat terlalu sering mengkonsumsi air es adalah akan menyebabkan pusing. Jika anda sering mengalami sakit kepala mungkin salah satunya bisa disebabkan oleh air es. Hal itu dikarenakan proses metabolisme yang terganggu membuat syaraf pusat yang ada di otak belum siap menerima perubahan suhu yang terjadi di dalam tubuh sehingga dia akan memberikan sinyal berupa rasa pusing.

7. Haus Berlebihan

Banyak orang yang meyangka jika haus diobati dengan air es akan melegakan tenggorokannya padahal anggapan itu salah. Orang yang haus dan minum air es justru hausnya akan bertambah sebab cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak terserap dengan sempurna sehingga tubuh akan mudah sekali kehilangan cairan. Mungkin anda merasakan efek setelah minum air es anda akan sering kencing, itu yang menandakan bahwa air es tidak terserap ke dalam tubuh secara sempurna sehingga tubuh membutuhkan cairan lebih banyak lagi. Hal itu justru membuat anda ingin air es lebih banyak lagi. Semakin banyak minum air es semakin cepat pula bahaya lainnya terjadi di dalam tubuh anda. Haus berlebihan ini juga sering terjadi pada penderita diabetes .

8. Otak Membeku

Hal paling bahaya dari minum air es akan membekukan otak. Saat anda mengkonsumsi air es dengan sedotan aliran darah menuju otak akan semakin cepat sehingga timbul pusing sesaat dan lama kelamaan menjadi pembekuan otak.

Demikian beberapa macam Ancaman Bahaya Mengonsumsi Air Es Setiap Hari. Meski tidak menyukainya mulai sekarang kita harus membiasakan diri meminum air hangat setelah makan maupun berolahraga agar terhindar dari efek minum air es. Semoga bermanfaat dan jangan lupa nantikan postingan-postikan berikutnya. Terimakasih atas kunjungannya. Wassalam..