BRI Kembangkan Inovasi Satelit Untuk Dukung Perbankan Nasional

BRI Kembangkan Inovasi Satelit Untuk Dukung Perbankan Nasional - Era digital menuntut dunia perbankan terus menciptakan teknologi demi memberikan kemudahan akses bertransaksi dan pelayanan untuk nasabah. Ketatnya persaingan di industri perbankan, membuat kehadiran infrastruktur teknologi yang handal dirasa mutlak.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk hendak menghadirkan tonggak sejarah baru di dunia perbankan Indonesia. Bank BUMN ini pada tanggal 19 Juni 2016 dini hari waktu Indonesia telah mengorbitkan satelit yang diberi nama BRIsat. Terpilihnya satelit diharapkan menjadi penopang operasional yang strategis untuk menciptakan bisnis dan pelayanan perbankan, khususnya dari BRI untuk nasabah dan masyarakat secara berkesinambungan.

Keberhasilan peluncuran Satelit BRI. ©2016 Merdeka.com
 
BRIsat merupakan satelit pertama di dunia yang dipunyai sekaligus dioperasikan oleh bank. Gagasan cemerlang ini pertama kali dirumuskan pada tahun 2013. Pada 28 April 2014, tanda tangan untuk kontrak proyek satelit resmi dibubuhkan di atas lembar kerja sama antara BRI dengan SS/L (Space System/Loral) dari Amerika. Proses manufaktur memerlukan tempo 25 bulan dan tepat tanggal 19 Juni 2016 dini hari waktu Indonesia mendatang BRIsat telah diorbitkan.

Peluncuran BRIsat dilangsungkan di Kourou, Guyana Perancis untuk kemudian memulai proses pengorbitan. Destinasi utamanya adalah orbit geostasioner pada slot 150.5 Bujur Timur. Satelit komunikasi ini dijadwalkan meluncur dengan roket Ariane 5 milik perusahaan penerbangan antariksa Perancis, Arianespace.

Segala persiapan operasional telah dilakukan guna mendukung kelancaran misi luar biasa ini. Bahkan, BRI telah mendirikan sebuah stasiun pengendali atau ground station di kawasan Ragunan dan Tabanan untuk memantau jalannya pelepasan BRIsat ke orbit.Pengoperasian BRIsat juga dilakukan sepenuhnya oleh generasi muda terbaik Indonesia. Keseluruhan, terdapat 53 awak yang mengoperasikan dan mengelola 45 transponder yang ada. (Merdeka.com)