Cara Edit Foto Hunting Model Menggunakan Photoshop [Efek Soft Light]

Cara Edit Foto Hunting Model Menggunakan Photoshop [Efek Soft Light] - Untuk edit foto model sekarang ini sedang populer Cara Edit Foto dengan menampilkan sebuah foto yang diberi efek nuansa cahaya matahari yang mendekati momen golden hour. Foto model dengan efek ini biasanya menampilkan model yang dipotret pada lokasi outdoor dengan pencahayaan alami dan biasanya arah cahaya muncul dari belakang model atau dari arah samping. Di dalam foto model seperti ini biasanya juga dimunculkan efek flare dari sumber sinar untuk meunculkan efek cahaya yang menarik.

Tutorial Cara Edit Foto Model dengan Photoshop Cs5 Efek Soft Light


Editing foto model seperti ini biasanya dilakukan dengan menurunkan tingkat shadow sehingga bayangan tidak tampak terlalu hitam sedangkan untuk area highlight pada foto justru diturunkan agar nuansa over eksposure pada foto tersebut dapat diminimalisir. Cara edit foto model seperti ini biasanya ditujukan agar foto dapat memiliki efek glamour dan biasanya cocok untuk jenis foto model untuk kebutuhan fashion. Tutorial photoshop kali ini akan membahas tuntas mengenai cara edit foto model dengan photoshop untuk memunculkan efek yang sedang populer ini, berikut langkah-langkahnya:
Cara Edit Foto Hunting Model Menggunakan Photoshop [Efek Soft Light]
Langkah 1
Buka file foto model yang akan di-retouch dengan menggunakan photoshop. Kemudian kita ature tone dan warna dari foto tersebut caranya adalah dengan memilih New Layer Adjustmentkemudian klik Curves.


Langkah 2
Pada box yang muncul mari kita turunkan shadow pada foto dengan menggeser titik yang ada di pojok kiri bawah ke arah atas sehingga foto tampak menjadi soft. Lalu, turunkan area highlight pada foto dengan cara menggeser titik yang ada di pojok kanan atas pada Curves.




Langkah 3
Berikutnya untuk menaikkan kontras pada foto, maka kita busa mengedit bentuk Curvenya menjadi seperti ini:


Langkah 4
Kemudian pilih Chanel Blue. lakukan hal yang sama yaitu menaikan titik shadow dan menurunkan titik highlight. Dengan menurunkan highlight pada chanel blue, maka akan memunculkan efek warna kuning pada foto sehingga tampak seperti cahaya sunset ataupun sunrise.


Langkah 5
Ubah Chanelnya menjadi Red.Kali ini untuk titik highlight (pojok kanan atas) geser agak kekiri.


Langkah 6
Klik kembali layer background, selanjutnya kita akan membuat efek gradasi dari sumber cahaya. Buat New Layer Adjustment kemudian pilih Curves (seperti pada langkah pertama) kemudian klik kotak putih (layer masking) yang ada pada layer tersebut. Lalu pilih Gradient Tool pada Tool Box. Pada Option Bar pilih Mode Radial Gradient. Pastikan warna foreground adalah putih dan warna background adalah hitam.





Langkah 7
Klik pada sudut kiri atas foto, drag ke arah kanan bawah foto.



 Terlihat warna Layer Maskingtelah berubah. Klik ikon Layer Curves.


Lalu ubah bentuk kurva menjadi kurang lebih seperti ini sehingga menghasilkan foto dengan sumber cahaya di sudut kiri atas.


Langkah 8
Sejauh ini foto sudah tampak seperti yang kita harapkan. untuk finishing mari kita tambahkan efek Flare pada foto tersebut. Buat Layer baru tepat di bawah layer Tone and Colour.Klik Eye Dropper tool kemudian klik pada area paling terang (highlight) pada foto tersebut.

 




Setelah itu Klik Gradient Toolkemudian pada option bar pilih mode gradient seperti yang ada pada gambar berikut:



Lalu klik pada kiri atas dan drag ke arah tengah foto sehingga memunculkan efek flare seperti berikut ini:



Kurang lebih begitulah Cara Edit Foto Hunting Model Menggunakan Photoshop [Efek Soft Light]. Masih banyak efek-efek lainnya yang bisa anda terapkan pada foto model untuk membuat foto itu tampak lebih berkelas, profesional dan memiliki nilai jual.