Kerusakan Lingkungan Hidup

Kerusakan Lingkungan Hidup - Artikel ini menjelaskan tentang kerusakan lingkungan hidup yang terjadi di bumi. Semakin hari bumi kita tercinta ini semakin panas karena adanya pemanasan global atau dalam bahasa inggris disebut global warming. Kerusakan lapisan ozon bumi yang terjadi akibat banyaknya polusi udara atau pencemaran lingkungan udara menyebabkan pemanasan global tersebut dan yang merasakan tidak hanya kita di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Karena itu sebaiknya sebagai makhluk hidup yang sudah dianugerahi dan diserahi tanggung jawab untuk menjaga bumi ini maka kita wajib melestarikan alam agar pencemaran lingkungan yang ada tidak semakin membawa dampak buruk bagi kita semua.

Kerusakan Lingkungan

Kerusakan lingkungan hidup yang sudah lama ada biasanya disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Dari berbagai macam aktivitas manusia tersebut ada yang tidak tahu bahwa ulah mereka menyebabkan pencemaran di lingkungan sekitar atau bahkan ada yang sadar aktivitas maupun ulah mereka menyebabkan pencemaran lingkungan tetapi mereka bertindak tidak peduli. Misalnya seperti aktivitas penebangan pohon secara sembarangan atau illegal logging. Mereka yang sudah berani mengambil kekayaan alam di bumi ini dengan penebangan pohon membabi buta tanpa berusaha untuk melestarikan alam kembali atau melakukan penanaman pohon kembali merupakan salah satu bentuk kerusakan lingkungan hidup. Hal ini bisa menyebabkan banyak sekali kerugian seperti banjir, polusi udara, dan sebagainya. Mungkin awalnya mereka mendapatkan keuntungan namun pada akhirnya kita semua akan rugi.

Kerusakan Lingkungan Hidup: Macam-macam pencemaran lingkungan hidup yang terjadi di bumi

Kerusakan lingkungan hidup yang terjadi di bumi disebabkan baik oleh aktivitas alam serta aktivitas manusia. Namun, yang sering terjadi adalah kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas manusia bahkan bisa memicu adanya aktivitas alam yang merugikan seperti banjir dan kebakaran hutan. Ada lima macam kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan yang di bagi menjadi lima yaitu kerusakan lingkungan akibat pencemaran air, kerusakan lingkungan akibat pencemaran udara, kerusakan lingkungan akibat pencemaran tanah, kerusakan lingkungan akibat pencemaran logam berat, dan kerusakan lingkungan akibat pencemaran suara. Setiap pencemaran yang terjadi memiliki dampak maupun kerugian masing-masing bagi lingkungan hidup. Mari kita bahas lebih detil mengenai berbagai macam kerusakan lingkungan hidup yang terjadi akibat pencemaran-pencemaran ini.

Polusi Pencemaran Lingkungan

Kerusakan lingkungan hidup akibat pencemaran air: Air yang tercemar tentunya bisa menyebabkan kerusakan lingkungan. Tidak hanya itu air yang merupakan sumber kehidupan utama semua makhluk hidup apabila tercemar bisa menyebabkan penyakit serta kematian. Pencemaran air atau polusi air adalah adanya perubahan pada tampat-tempat penampungan air seperti sungai, danau, air tanah, dan laut. Adanya perubahan pada tempat-tempat penampungan tersebut terjadi karena aktivitas manusia yang kurang bertanggung jawab seperti pembuangan limbah beracun yang mengandung zat-zat kimia berbahaya ke dalam laut, sungai, maupun danau. Pembuangan limbah beracun ke tempat-tempat penampungan air tersebut tidak hanya dilakukan oleh aktivitas industri atau pabrikk tetapi rupanya aktivitas-aktivitas sehari-hari seperti mandi serta buang air di sungai, mencuci pakaian di sungai, dan sebagainya bisa menyebabkan pencemaran lingkungan air. Akibatnya makhluk hidup yang meminum air tersebut maupun yang tinggal di dalam air seperti ikan-ikan bisa mati dan terkena penyakit.
  1. Kerusakan lingkungan hidup akibat pencemaran air: Air yang tercemar tentunya bisa menyebabkan kerusakan lingkungan. Tidak hanya itu air yang merupakan sumber kehidupan utama semua makhluk hidup apabila tercemar bisa menyebabkan penyakit serta kematian. Pencemaran air atau polusi air adalah adanya perubahan pada tampat-tempat penampungan air seperti sungai, danau, air tanah, dan laut. Adanya perubahan pada tempat-tempat penampungan tersebut terjadi karena aktivitas manusia yang kurang bertanggung jawab seperti pembuangan limbah beracun yang mengandung zat-zat kimia berbahaya ke dalam laut, sungai, maupun danau. Pembuangan limbah beracun ke tempat-tempat penampungan air tersebut tidak hanya dilakukan oleh aktivitas industri atau pabrikk tetapi rupanya aktivitas-aktivitas sehari-hari seperti mandi serta buang air di sungai, mencuci pakaian di sungai, dan sebagainya bisa menyebabkan pencemaran lingkungan air. Akibatnya makhluk hidup yang meminum air tersebut maupun yang tinggal di dalam air seperti ikan-ikan bisa mati dan terkena penyakit.
Pencemaran Air


  1. Kerusakan lingkungan hidup akibat pencemaran tanah: Pencemaran lain yang terjadi yaitu pencemaran tanah. Pencemaran tanah merupakan masuknya zat-zat kimia beracun ke dalam tanah akibat ulah manusia baik disengaja maupun tidak. Ulah manusia tersebut seperti limbah pabrik yang dibuang dan meresap ke dalam tanah, timbunan sampah yang tidak diberesi dan akibatnya zat beracun dari sampah itu terserap ke dalam tanah, serta kecelakaan truk pengangkut minyak misal mengalami kecelakaan dan minyak tersebut tumpah kemudian terserap ke dalam tanah, dan sebagainya. Atau apakah anda masih ingat kasus lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo akibat ulah manusia? Hal tersebut juga merupakan salah satu contoh pencemaran tanah dan akibatnya betul-betul bisa kita lihat amat sangan merugikan manusia di sekitar tempat itu.
  2. Kerusakan lingkungan hidup pencemaran udara: Apakah anda salah satu yang ikut menyebabkan pencemaran udara? Dari asap kendaraan bermotor misalnya atau dari pembakaran sampah yang anda lakukan? Pencemaran udara yang disebabkan oleh aktivitas manusia sering terjadi dan tanpa sadar kita melakukannya atau kadang tidak peduli. Pencemaran udara adalah adanya kehadiran substansi fisik seperti biologi, zat kimia, maupun substansi fisik yang lain yang menyebabkan pencemaran lingkungan udara serta membawa dampak buruk bagi kelangsungan hidup baik manusia, tumbuhan, dan hewan. Contoh pencemaran udara lain yaitu adanya kebakaran hutan, asap dari kawah gunung berapi, asap pabrik dari aktivitas industri, asap rokok, dan lain-lain. Contoh asap dari kawah gunung berapi dan kebakaran hutan merupakan contoh pencemaran udara akibat ulah alam sedangkan asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan asap pabrik merupakan contoh kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia. Dampak dan akibat dari kerusakan lingkungan hidup ini bisa ke tingkat global maupun lokal.
  3. Kerusakan lingkungan hidup akibat pencemaran logam berat: Mungkin pencemaran yang satu ini terdengar sangat asing di telinga kita namun pencemaran ini ada karena adanya kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh logam berat. pencemaran lingkungan akibat logam berat dapat terjadi karena tiga aktivitas misalnya aktivitas alam seperti aktivitas abrasi di laut serta aktivitas gunung berapi yang menghasilkan kandungan logam berat dan terakhir adalah aktivitas manusia seperti pabrik maupun aktivitas industri yang menghasilkan logam berat.
  4. Kerusakan lingkungan hidup akibat pencemaran suara: Pencemaran lingkungan akibat polusi suara contohnya adalah kebisingan karena jumlah suara yang masuk terlalu banyak dan menyebabkan ketidaknyamanan orang di sekitarnya. Akibat polusi udara adalah tuli. Sumbernya bisa bunyi dari kendaraan bermotor maupun aktivitas industri seperti mesin-mesin pabrik.