Perkenalan Corel DRAW (Untuk Pemula)

Corel DRAW – Perkenalan Corel DRAW (Untuk Pemula)

Apa itu Corel DRAW?

Corel DRAW merupakan sebuah editor grafik vektor garapan COREL, perusahaan software yang berpusat di Ottawa, Kanada. Pada awalnya, Corel DRAW dikembangkan untuk dijalankan pada Operating System Windows 2000, sementara untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan yang kemudian dihentikan karena penjualan yang rendah. Versi terbaru dari Corel DRAW adalah versi X5 atau 15, yang dirilis pada 23 Februari 2008.

Perkenalan Corel DRAW X5

Untuk mulai menggunakan aplikasi Corel DRAW, pertama kita harus masuk ke dalam aplikasi-nya. Adapun caranya adalah pilih Start > Corel DRAW.


Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Pilih “New blank document” untuk memulai lembar kerja baru, bila sudah di-klik maka akan mucul tampilan seperti di bawah ini.


Jendela ini berisi beberapa pengaturan untuk lembar kerja yang nanti akan digunakan, terdapat pengaturan untuk : Ukuran Kertas (Tersedia), Ukuran Kertas (Custom), Bidang Lembar Kerja (Potrait & Lendscape), Warna Primer (RGB & CMYK), Resolusi Rendar, dan Mode Preview. Pilih “OK” untuk melanjutkan, dan akan muncul lembar kerja yang siap digunakan seperti yang terlihat di bawah ini.


Di dalam tampilan utama Corel DRAW, kita bisa menjumpai berbagai tools dan bar yang menjadi alat untuk kita berkreasi atau bermain dengan Corel DRAW.
Dapat kita jumpai di antaranya : Lembar Kerja, Menu Bar, Standard Bar, Properties Bar, ToolBox, Halaman Lembar Kerja, Object Manager, Character Formatting, dan Object Properties.


Lembar Kerja
Lembar kerja berperan layaknya canvas, dimana kita bisa berkreasi di atasnya. Ukuran canvas bermacam-macam, kita bisa setting sesuai kebutuhan.Menu Bar
Menu bar adalah sederet opsi yang tersedia dalam Corel DRAW, menu bar mendukung banyak kebutuhan yang diperlukan dalam proses desain.

Standard Bar
Standard bar merupakan bar yang berisi hal-hal standard aplikasi, di dalamnya terdapat button-button yang berfungsi standard seperti : New, Save, Print, Copy, Cut, Paste, dll..

Properties Bar
Peroperties bar berisikan properties dari lembar kerja, seperti : Ukuran Kertas, Page Priview, dll..

ToolBox
ToolBox merupakan tempat dimana tools atau alat-alat bantu yang digunakan untuk membuat desain.

Halaman Lembar Kerja
Halaman lambar kerja adalah lembar-lembar yang digunakan, kita bisa menggunakan lebih dari satu lembar kerja. Seperti penggunaan banyak tab pada sebuah browser.

Object Manager
Object manager merupakan tempat memonitor komponen objek yang digunakan saat mendesain, semua terpantau terurut sesuai dengan urutan saat kita memasukkan objek-objek ke dalam lembar kerja.

Character Formatting
Character formatting merupakan tempat untuk mengedit teks karakter per karakter.

Object Properties
Object properties adalah tampat dimana kita bisa mengatur properti dari objek-objek yang ada di dalam lembar kerja, seperti untuk memberikan warna, merubah outline, dll..



Demikian tutorial lengkap mengenai penjelasan dan ilustrasi Perkenalan Corel DRAW (Untuk Pemula) , Anda bisa melanjutkan belajar ke Tutorial Corel DRAW yang lain di artikelltutorial.blogspot.co.id
Terima kasih semoga bermanfaat.