10 Cara Untuk Mengurangi Efek Radiasa Pada HP

10 Cara Untuk Mengurangi Efek Radiasa Pada HP - Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikelltutorial.blogspotcom. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikelltutorial.blogspot.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikelltutorial.blogspot.com semuanya".
 
10 Cara Untuk Mengurangi Efek Radiasa Pada HP
10 Cara Untuk Mengurangi Efek Radiasa Pada HP

Saat ini penggunaan HP pada kehidupan sehari-hari sangat meningkat pesat. Pada masyarakat modern, HP sudah menjadi sebuah kebutuhan primer. Padahal penggunaan HP itu sendiri ternyata menimbulkan radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan pengguna dan orang di sekitarnya. Perlu diketahui bahwa terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang kemudian dipancarkan keluar melalui antenna dan gelombang ini berfluktuasi melalui udara pada HP. Gelombang RF(radio frequency) inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik.

Radiasi RF punya kemampuan untuk memanaskan jaringan tubuh seperti oven microwave memanaskan makanan. Dan radiasi tersebut dapat merusak jaringan tubuh, karena tubuh kita tidak diperlengkapi untuk mengantisipasi sejumlah panas berlebih akibat radiasi RF. Penelitian lain menunjukkan radiasi non-ionisasi (termasuk gelombang RF) menimbulkan efek jangka panjang.

Oleh karena itu pada postingan saya kali ini saya akan membahas sedikit tentang Cara Mengurangi Efek Radiasi Pada HP. Namun sebelum kita beranjak terlalu jauh ke pembahasan tersebut, perlu kita ketahui bersama Penyakit apa saja yang dapat ditimbulkan akibat radiasi ponsel. Langsung saja simak ulasannya berikut ini:

  • Tumor
  • Alzheimer
  • Parkinson
  • Fatigue (terlalu capek)
  • Sakit kepala
  • Kanker

Namun, ada akibat pasti ada cara untuk mengurangi akibat tersebut. Nah, pada kesempatan kali saya coba untuk mengulas artikel mengenai cara mudah & cepat untuk mengurangi efek radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel serta apa-apa saja akibat yang ditimbulkan dari efek rasiasi tersebut. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut adalah ulasan lengkapnya:


1. Jauhkan HP Dari Jangkauan Anak-Anak

Faktanya, bahwa ternyata otak anak-anak akan menyerap bahaya radiasi HP lebih cepat dan lebih banyak dari pada orang dewasa (yaitu mencapai 2 kali lipat), oleh sebab itu, hindari penggunakan ponsel untuk anak-anak.


2. Gunakan Telinga Secara Bergantian

Jangan menghabiskan terlalu lama menelpon dengan satu telinga. Gunakan telinga secara bergantian antara kiri dan kanan. Ini akan mengurangi paparan radiasi gelombang magnetik dan panas yang di keluarkan oleh ponsel.

3. Batasi Jarak Penggunaan

Sebagian besar merek ponsel mencantumkan jarak antara pemakai dan ponselnya misalnya 15 milimeter dari tubuh. Belajarlah untuk tidak terlalu dekat dengan ponsel. Mungkin agak sulit untuk dilakukan pada awal, namun akan menjadi mudah bila sudah terbiasa.

BACA JUGA :

4. Kurangi Penggunaan Pada Saat Sinyal Lemah

Ponsel memancarkan radiasi pada frekuensi tinggi ketika sinyal lemah. Ini berarti Anda harus menghindari menggunakan ponsel ketika sinyal lemah untuk menghindari efek yang tidak di inginkan.


5. Gunakan Hands-Free/Bluetooth

Cara paling mudah untuk mengurangi dampak radiasi ponsel adalah menggunakan perangkat yang tidak langsung ke ponsel seperti hands free atau bluetooth. Cara ini menjauhkan pemancar sinyal dari otak di kepala, namun tidak bisa mencegah risiko impotensi selama masih di kantongi di celana.

Perangkat bebas genggam nirkabel, misalnya bluetooth juga masih memancarkan radiasinya sendiri meski lebih sedikit.


6. Pegang Bagian Bawah Handphone 

Nah, untuk menghindari efek yang ditimbulkan dari radiasi ponsel tersebut. Ada baiknya, pada saat menelpon jangan pegang bagian atas pada HP karena akan mengurangi sinyal, jika demikian maka HP akan membesarkan radiasinya.


7. Jangan Simpan Ponsel di Saku Baju/Celana Terlalu Lama

Otak bukan satu-satunya organ tubuh manusia yang terpengaruh oleh radiasi ponsel penelitian membuktikan radiasi bisa mempengaruhi kualitas sperma pria dan payudara pada wanita, untuk mengurangi risiko tersebut, sebaiknya ponsel di simpan di tas kecil yang bisa di jinjing ke mana-mana.


8. Gunakan casing antiradiasi 

Berbagai produk untuk mengurangi radiasi ponsel banyak di tawarkan di pasaran, mulai dari stiker antiradiasi hingga casing khusus untuk ponsel cerdas yang radiasinya cukup tinggi. Sebuah pengujian independen yang di lakukan majalah Wired menunjukan casing antiradiasi mampu mengurangi radiasi hingga 66,7 persen.


9. Jangan meletakan HP terlalu dekat ketika tidur 

Anda mungkin perlu alarm telepon untuk membantu bangun pagi-pagi. Tapi sebaiknya jangan meletakan ponsel terlalu dekat khususnya di dekat posisi kepala anda. Medan elektromagnetik dapat mengurangi produksi melatonin dalam tubuh yang dapat menyebabkan resiko peningkatan kangker dan penyakit lainnya.


10. Manfaatkan layanan pesan singkat/SMS 

Radiasi yang dipancarkan saat berkirim pesan lebih sedikit dibandingkan saat menerima atau melakukan panggilan suara. Selain itu, posisi ponsel saat berkirim pesan berada lebih jauh dari kepala dibanding saat telepon. 

Atau jika anda memang perlu bertelepon, ada baiknya membuat percakapan ponsel secukupnya. Jika percakan menjadi panjang, sebaiknya menggunakan telepon kabel daripada ponsel.

Itulah yang sempat saya bagikan pada postingan kali ini, semoga Cara Untuk Mengurangi Efek Radiasa Pada HP ini dapat bermanfaat dan jangan lupa nantikan postingan saya berikutnya yang tak kalah menariknya. Terimakasih atas kunjungannya. Wassalam..