Beberapa Fakta Tentang Suku Bugis Harus Diketahui

Beberapa Fakta Tentang Suku Bugis Harus Diketahui - Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikelltutorial.blogspotcom. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikelltutorial.blogspot.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikelltutorial.blogspot.com semuanya".

Beberapa Fakta Tentang Suku Bugis Harus Diketahui
Beberapa Fakta Tentang Suku Bugis Harus Diketahui
 
Bugis merupakan salah satu etnis yang ada di Sulawesi selatan. orang-orang beretnis Bugis terdapat Hampir di seluruh wilayah Indonesia. Karakter mereka yang pemberani, pekerja keras membuat mereka untuk tidak takut keluar dari daerah sendiri. Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang kini menjadi orang-orang besar. sbut saja misalnya, Bapak Wakil Presiden Indonesia, Muh. Jusuf Kalla, Mantan Presiden Indnoesia, B.J Habibie, Ketua KPK, Abraham Samad, dan masih banyak lagi yang lain.

Namun diantara kita mungkin masih jarang yang mengetahui fakta-fakta unik tentang Suku Bugis ini sendiri. Perlu diketahui ada beberapa fakta unik suku bugis yang jarang orang ketahui.

Asal kata bugis berasal dari kata To Gi yang bermakna orang bugis. Pemberian nama tersebut memang tidak terlepas dari sejarah keturunan raja pertama kerajaan cina yang datang dan menetap di Sulawesi. Tidak heran bila keturunan suku bugis merupakan keturunan dari kerajaan, hal ini dikarenakan memang di Sulawesi Selatan terdapat beberapa kerajaan, misalnya saja Kerajaan Bone, Sidenreng, lalu Rappang dan masih banyak lagi kerajaan lainnya.

Dari banyaknya jumlah kerajaan klasik tersebut  itulah yang akhirnya membentuk Suku Bugis. Hingga saat  sekarang ini kerajaan-kerajaan klasik di Sulawesi Selatan tersebut berubah menjadi kabupaten, misalnya Kabupaten Bone, dan beberapa Kabupaten lain sejenisnya.

Keunikan Suku Bugis dari segi bahasa yang disampaikan bila masyarakat yang merantau ke provinsi atau daerah lain diluar akan melekat khas bahasa bugisnya. Sebagai contoh dalam pengucapan kata ‘makan’ cenderung akan terbawa aksen bugisnya dan pengucapannya menjadi ‘makang’. Selain itu yang paling penting, Suku Bugis memiliki prinsip hidup yang selalu melekat di dirinya yaitu ‘siri’ atau dapat diartikan rasa malu.

Prinsip hidup ini merupakan ciri khas masyarakat bugis yang selalu dibawa kemanapun, sehingga bila merantau dan melakukan kesalahan atau suatu hal yang kurang baik akan cenderung jujur dan mengakui kesalahan yang telah dilakukan dan siap bertanggung jawab menerima hukuman atas kesalahan yang telah dilakukannya sebagai konsekuensi yang harus diterima yang biasa disebut dalam bahasa bugisnya "Taro Ada Taro Gau".

Selain itu prinsip lainnya adalah ‘pacce’ yang artinya ‘tidak tega atau iba’, sehingga akan selalu merasa tidak tega bila melihat teman atau saudaranya yang mengalami kesulitan dan akan selalu membantu bisa dibutuhkan.
Baca Juga :

Masyarakat suku bugis ini pun memiliki karakter yang berani khususnya bila ada peluang untuk merantau maka peluang tersebut pun akan diambil. Selain akan menambah pengalaman yang berharga, mereka pun juga ingin mengangkat nama baik putra daerah yang sukses di kota lain tempatnya merantau. Karena memang suku bugis sendiri sering disebut-sebut sebagai suku perantau.

Hal unik lainya mereka sebagian besar memiliki hobi adu ayam yang umumnya lebih sering dilakukan oleh lelaki khas bugis. Itulah beberapa fakta unik tentang suku bugis yang bisa kita jadikan pelajaran agar lebih memahami karakter serta kebudayaan yang ada di negara Indonesia.