Beberapa Masalah Yang Sering Terjadi Pada Android Dan Cara Mengatasinya

Beberapa Masalah Yang Sering Terjadi Pada Android Dan Cara Mengatasinya - Selamat datang para pengunjung setia Artikel Menarik. Kembali saya sebagai Admin ingin berbagi kepada anda semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Beberapa Masalah Yang Sering Terjadi Pada Android Dan Cara Mengatasinya. Awal mengenal smartphone android kebanyakan orang mengira jenis hendphone ini bebas dari berbagai masalah. Padahal kenyataannya ada beberapa jenis masalah yang sering terjadi pada smartphone android yang penyebabnya sangat beragam bisa oleh faktor pengguna yang mengabaikan ketentuan ataupun syarat yang berlaku maupun kerusakan yang timbul dari ponsel itu sendiri.

Beberapa Masalah Yang Sering Terjadi Pada Android Dan Cara Mengatasinya
Beberapa Masalah Yang Sering Terjadi Pada Android Dan Cara Mengatasinya

Biasanaya ketika terjadi sebuah masalah pada sistem di smartphone android secara otomatis pesan peringatan akan muncul pada layar monitor handphone pintar tersebut. Sebagai pengguna smartphone android, Anda mungkin pernah memperhatikan tiba-tiba smartphone Anda hang, restart sendiri, gagal menginstal suatu aplikasi tertentu dan permasalahan lainnya.

Jika memang pernah Anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan ini faktaandroid.com akan mengulasnya secara jelas
Beberapa Masalah Yang Sering Terjadi Pada Android Dan Cara Mengatasinya sehingga handphone Anda bisa kembali digunakan seperti semula.

Masalah Pertama : HANG

Hang biasanya terjadi pada perangkat komputer atau laptop, namun ternyata Hang bisa juga terjadi pada smartphone berbasis android sekalipun. Hang umumnya bisa terjadi disebabkan oleh memori internal dan RAM yang hampir bahkan sudah penuh dengan gejala yang ditimbulkan tiba-tiba fungsi pada smartphone macet, proses apapun tiba-tiba tidak bisa dijalankan, menu-menu tidak berfungsi dan layar sentuh ponsel android menjadi tidak berfungsi untuk waktu yang cukup lama.

Cara solusi yang bisa Anda terapkan adalah menghapus beberapa aplikasi yang tidak Anda butuhkan dan bisa dibuat alternatifnya (misal aplikasi facebook dan twitter bisa melalui browser). Cara lain untuk mengurangi kapasitas momori internal adalah dengan memindahkan aplikasi-alikasi yang terdapat pada smartphone android ke kartu memori eksternal (microSD). Sedangkan untuk menambah kapasitas RAM bisa dengan teknik SMAP MEMORY (Menambah kapasitas RAM yang juga dengan bantuan memori eksternal) yang nantinya bisa mengurangi RAM perangkat android yang kepenuhan.

MasalahKedua : BOOTLOOP

Kalau perangkat smartphone android tiba-tiba macet itu sering disebut dengan Hang maka kalau perangkat smartphone tiba-tiba macet lalu merestart dengan sendirinya ini sering disebut BOOTLOOP. Masalah BOOTLOOP ini sendiri terbagi tiga jenis berdasarkan tingkatan masalahnya


A. SOFT BOOTLOOP
Soft BOOTLOOP terjadi ketika smartphone android yang diaktifkan pada saat awal berjalan seperti biasa dan masuk ke homescreen, tetapi tidak lama berlalu tiba-tiba terjadi Hang kemudian smartphone merestart dengan sendirinya.

B. MEDIUM BOOTLOOP
Agak sedikit berbeda dengan jenis BOOTLOOP yang pertama, pada Medium BOOTLOOP saat perangkat smartphone android diaktifkan pada saat awal berjalan harusnya smartphone menuju homescreen namun yang terjadi perangkat android tidak bisa masuk ke homescreen melainkan hanya terhenti di bootanimation. Namun masih bisa masuk ke Recovery Mode maupun Download Mode



C. HARD BOOTLOOP
Inilah jenis BOOTLOOP yang paling parah. Dimana pada kondisi Hard BOOTLOOP perangkat smartphone android ketika mulai diaktifkan hanya sampai di logo vendor saja tidak bisa masuk ke bagian Recovery Mode melainkan hanya bisa masuk pada bagian Download Mode saja.


Ketika jenis BOOTLOOP diatas sangat jarang terjadi. Namun umumnya BOOTLOOP bisa terjadi karena pada saat merubah atau mengutak-atik sistem pada perangkat smartphone android terjadi kesalahan . Tips untuk mengatasi masalah BOOTLOOP adalah dengan melakukan Factory Reset atau mengembalikan pengaturan pada smartphone android Anda ke pengaturan awal atau pabrik.

Masalah Ketiga : STUCK

Kondisi smartphone yang macet pada bagian bootlogo, bootsplash, atau di bootanimation itu disebut dengan STACK dan penyebabnya mirip dengan BOOTLOOP yang sudah kami sebutkan di atas yaitu pengguna yang salah saat mengutak-atik pengaturan pada sistem smartphone androidnya. Pada masalah ini Anda cukup dengan mencopot baterai smartphone (tidak berlaku untuk smartphone yang baterainya tidak bisa dibuka), kemudian baterai dipasang lagi dan ponsel diaktifkan. Namun bila cara ini juga tidak berfungsi maka cara terakhir adalah melakukan Factory Reset (Mengembalikan pengaturan pada smartphone android Anda ke pengaturan awal atau pabrik)

Masalah Keempat : IMEI HILANG

Kondisi saat mengecek imei biasanya menekan *#06# di papan dial, ternyata muncul imei nomor 0 semua.

Masalah Kelima : LAYAR BLANK PUTIH

Dari namanya sudah bisa ditebak apa permasalahannya, perangkat memang berjalan seperti biasa seperti suara yang masih terdengar, mode getar berfungsi namun layar pada perangkat smartphone android betul-betul bank putih. Kondisi ini memang tergolong pada masalah berat karena sudah merusak LCD smartphone. Salah satu penyebabnya adalah baterai smartphone terlalu panas sehingga dapat merusak bagian LCD, bisa merusak bagian dalam handphone android Anda. Jika Anda tidak memiliki kemampuan dasar maupun alat yang lengkap memperbaiki smartphone yang rusak maka saran kami solusinya dengan membawa ke service center dan minta untuk mengganti LCD jika memang LCD sudah tidak layak digunakan.

Masalah Keenam : BRICK

Suatu keadaan dimana perangkat smartphone android sudah tidak bisa dinyalakan sama sekali itu disebut dengan BRICK. Menurut tingkat masalahnya BRICK terbagi menjadi dua yaitu:


A. SOFT BRICK
BRICK yang pertama suatu keadaan tidak bisa masuk ke recovery mode maupun download mede bahkan perangkan smartphone sudah tidak dapat dinyalakan kembali. Biasanya penyebabnya adalah overclock yang sangat tinggi atau gagal flashing.

Sebagai catatan, pada saat diisi daya masih ada tanda-tanda kehidupan pada smartphone android Anda, maka lalukan Factory Reset dengan menggunakan bantuan PC atau kalau masih ragu bawa ke Servis Resmi ponsel Anda.

BACA JUGA:

B. HARD BRICK
BRICK yang kedua ini biasanya terjadi akibat ketidak sengajaan pengguna smartphon, misalnya tercebur ke air (bak air atau kolam renang), bisa juga akibat jatuh dari ketinggian dan faktor penyebab lainnnya yang mengakibatkan mesin atau sistem yang ada di dalamnya rusak total. Solusi yang perlu Anda lakukan adalah denga cara membawa smartphone android Anda ke Servis Center resmi smartphone pabrik dan biaya yang akan dikeluarkan cukup t nggi karena akan mengganti hardware yang rusak dan kerusakan ditimbulkan oleh si pengguna ponsel.

Demikian postingan saya kali ini tentang Beberapa Masalah Yang Sering Terjadi Pada Android Dan Cara Mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat bagi pengunjung dan jangan lupa nantikan postingan-postingan saya berikutnya yang tak kalah menariknya. Terimakasih atas kunjungannya. Wassalam...