Cara Ampuh Mengatasi Alergi, Agar Kamu Bisa Makan Apa Saja!!

Cara Ampuh Mengatasi Alergi, Agar Kamu Bisa Makan Apa Saja!! - Banyak orang yang mengalami alergi terhadap beberapa makanan, terutama sea food. Alergi sangat begitu menyebalkan karena bisa membuat penderitanya gatal-gatal hingga alerginya mereda. Hal ini tentu akan membuatmu mengurangi beberapa aktivitas. Alergi bisa menyerang siapa saja baik anak kecil maupun orang dewasa. Alergi akan menimbulkan bintik-bintik merah pada sebagian atau seluruh tubuh dan itu akan membuatmu malu untuk bersosialisasi dengan teman.

Alergi ada yang mereda dengan sendirinya ada juga yang butuh penanganan lebih lanjut. Rasanya pasti tidak enak, gara-gara takut alergi jadinya kamu tak bisa meengkonsumsi makanan yang disukai. Walaupun tergolong bukan penyakit serius, alergi penyakit yang cukup berpengaruh buruk pada penderitanya. Bila kamu mempunyai alergi terhadap beberapa makanan, terapkanlah beberapa trik ini sebelum mengkonsumsi makanan.




Cari tahu kandungan makanan yang akan kamu konsumsi

Sebelum mengkonsumsi makanan, cari tahu apa saja kandungan dari makanan tersebut. Baca label kemasan, pastikan  makanan itu tidak mengandung bahan apapun yang bisa menyebabkanmu terkena alergi. Apabila makanan itu tidak memiliki label, sebisa mungkin kamu berusaha mencari tahu apa kandungan dalam makanan. Ini merupakan langkah antisipasi, agar kamu terbebas dari alergi ketika mengkonsumsi makanan.

Hindari kontak langsung dengan bahan makanan yang membuatmu alergi

Sebisa mungkin kamu harus menghindari kontak langsung dengan bahan makanan yang membuatmu alergi. Bila terpaksa harus bersentuhan, gunakanlah pengaman seperti kaos tangan atau sarung tangan. Apabila kamu alergi aroma makanan, maka gunakan masker. Dengan begitu, kamu tidak khawatir terkena alergi karena makanan tersebut. Pencegahan lebih baik daripada mengobati, bagaikan sedia payung sebelum hujan.
BACA JUGA :

Ketika makan di luar, usahakan untuk selalu bertanya kepada pelayan tentang kandungan makanan tersebut

Ketika kamu makan di luar, tanyakan pada pelayan apa bahan pembuat makanan tersebut. Tak usah ragu bertanya, sebab beberapa restoran mencampurkan bahan makanan yang mengandung makanan pemicu alergimu untuk menyedapkan rasanya. Meski dalam jumlah yang tak banyak. Dengan bertanya pada pelayan kamu bisa memastikan makanan tersebut aman dikonsumsi.

Jangan samakan semua makanan seafood sebagai penyebab alergi

Sebelum kamu mencoba makanan, jangan menganggap jenis makanan tersebut sama menimbulkan alergi. Lebih baik kamu coba memakannya terlebih dahulu, mungkin makanan tersebut tidak membuatmu alergi. Contohnya, kamu alergi terhadap udang, juga merasa akan alergi jika makan kepiting. Karena saking takutnya membuatmu takut mengkonsumsi kepiting.

Kenali gejala munculnya alergi
Alergi bisa menimbulkan rasa gatal-gatal, bahkan bisa lebih parah lagi. Apabila kondisinya semakin parah, kamu mesti paham benar langkah apa yang kamu lakukan sebelum ke rumah sakit. Cari tahu tentang segala hal yang berhubungan dengan alergi melalui beberapa sumber.namun, untuk informasi yang lebih lengkap dan dipertanggungjawabkan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit.

Selalu berkonsultasi dengan dokter, supaya menyiapkan obat saat keadaan darurat

Pasti kamu tak ingin mengalami gejala alergi lagi yang sangat tak mengenakan itu. Maka, upayakanlah untuk selalu berkonsultasi kepada dokter kulit ketika sedang mengalami alergi. Hal ini akan membuatmu sigap dan mengerti betul dalam menghadapi alergi. Sehingga, tidak melakukan pengobatan yang salah dan membuat alergi bertambah parah.