Daftar Shortcut Pada Software Adobe Photoshop dan Fungsinya

Daftar Shortcut Pada Software Adobe Photoshop dan Fungsinya - Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikelltutorial.blogspotcom. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikelltutorial.blogspot.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikelltutorial.blogspot.com semuanya".

Daftar Shortcut Pada Software Adobe Photoshop dan Fungsinya
Daftar Shortcut Pada Software Adobe Photoshop dan Fungsinya

Mengedit foto atau mendesain sesuatu dengan menggunakan Adobe Photoshop memang seru dan mengasyikkan. Terkadang tanpa terasa dalam menyelesaikan sebuah desain kita telah memakan begitu banyak waktu di depan komputer. Namun, apakah anda tahu bahwa sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda aplikasikan agar proses editing anda menggunakan photoshop dapat berjalan lebih efisien? Nah, pada kesempatan kali ini saya sebagai admin akan memberikan tips sederhana agar anda bisa menghemat waktu ketika mengerjakan sebuah desain atau editing dengan photoshop yaitu dengan memanfaatkan fitur Shortcut yang ada di dalam photoshop itu sendiri.

Shortcut atau di dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai jalan pintas merupakan kombinasi tombol pada keyboard untuk mengaktifkan Alat (Tools) ataupun fitur lainnya yang ada di dalam photoshop. Dengan menggunakan shortcut tentu anda bisa menghemat banyak waktu karena tidak perlu mengakses berbagai menu dengan cara mengklik ataupun memilih beragam opsi. Hanya dengan menekan sebuah kombinasi tombol maka anda akan langsung sampai pada alat atau fitur yang ingin anda gunakan. Oleh karena itulah, di salam postingan kali ini saya tidak akan membahas tutorial photoshop melainkan akan memberikan anda daftar shortcut yang bisa anda gunakan didalam proses editing menggunakan adobe photoshop. Berikut adalah daftar shortcut di dalam photoshop yang bisa anda gunakan untuk mempercepat proses editing anda. 


Daftar Lengkap Shortcut untuk Edit Foto dengan Photoshop

Perlu anda ketahui bahwa shortcut yang saya berikan di sini hanya untuk anda yang menggunakan system operasi Windows, munkin pada artikel selanjutnya saya akan memberikan daftar shortcut photoshop untuk pengguna Mac.

FungsiShortcut
Mengisi Warna LayerAlt+Delete (foreground) or Ctrl+Delete (background)
menyatukan Layer (Flatten)Ctrl+Alt+Shift+E
Menggabungkan Layer (Merge)Ctrl+Shift+E
Menggandakan LayerCtrl+J
Memindahkan Posisi layer ke AtasCtrl+Shift+]
Memindahkan Layer ke BawahCtrl+Shift+[
Meng-invert SeleksiCtrl+Shift+I
Memilih Semua LayerCtrl+Alt+A
Memilih Layer TerbawahAlt+Koma(,)
Memilih Layer TeratasAlt+Titik(.)
Menggeser SeleksiSpasi+Marquee Tool
Memilih warna dari gambarAlt+Brush Tool
Memperbesar Ukuran Brush]
Memperkecil Ukuran Brush[
Meningkatkan/Menurunkan Hardness Brush}/{
Menyimpan File untuk Web & DeviceCtrl+Shift+Alt+S
Mengatur Level (gelap Terang)Ctrl+L
Melakukan Free TransformCtrl+T
Mengatur CurvesCtrl+M
Mengatur Colour BalanceCtrl+B
Mengatur Hue/SaturationCtrl+U
Melakukan DesaturateCtrl+Shift+U
Auto ToneShift+Ctrl+L
Auto ContrastAlt+Shift+Ctrl+L
Auto ColorShift+Ctrl+B
Membuat Clipping MaskCtrl+Alt+G
Mengubah Blending ModeShift+plus(+) atau minus(-)
Mengatur Hitam PutihShift+Ctrl+Alt+B
Merubah Ukuran GambarCtrl+Alt+i
Zoom inCtrl+plus(+)
Zoom OutCtrl+Minus(-)
Memperkecil ukuran FontCtrl+Shift+>/<
Membuat Teks rata Kiri/Tengah/KananCtrl+Shift+L/C/R


Itulah Daftar Shortcut Pada Software Adobe Photoshop dan Fungsinya yang bisa anda gunakan agar anda bisa menghemat waktu ketika melakukan editing dengan menggunakan photoshop, semoga bermanfaat.