Hindari Kesalahan Makeup yang Sering Dilakukan Setelah Salat

Hindari Kesalahan Makeup yang Sering Dilakukan Setelah Salat - Bagi umat Muslim, salat 5 waktu adalah ibadah yang wajib dilaksanakan. Tentunya, agar penampilan tetap rapi setelah salat, Anda terbiasa untuk touch up dong. Sadar atau tidak, ternyata ada beberapa kesalahan makeup yang sering dilakukan setelah salat. Nah, coba perhatikan beberapa hal berikut. Apakah Anda juga melakukannya? Ada alasan keempat hal ini tak baik untuk kesehatan kulit. Yuk, baca lebih lanjut dan hindari kesalahan makeup ini. Segera!
Langsung Pakai Bedak Selagi Kulit Masih Basah

Hindari Kesalahan Makeup yang Sering Dilakukan Setelah Salat
Hindari Kesalahan Makeup yang Sering Dilakukan Setelah Salat

Setelah berwudu dan salat, ada kalanya wajah masih basah (bukan lembap ya). Beberapa orang biasa melakukan touch up setelah salat tanpa mengeringkan wajah terlebih dahulu alias langsung bablas saja. Tahukah Anda? Meski hanya air, touch up dengan bedak di atas kulit yang masih basah bisa menyebabkan wajah jerawatan.

Alasannya, Anda menggunakan spons bawaan bedak atau kuas di atas kulit basah. Spons dan kuas ini pun menjadi basah dan berubah lembap. Kelembapan ini yang mengundang kuman atau bakteri untuk bersarang di spons atau kuas. Jika Anda melakukan hal ini terus menerus dan jarang  membersihkan alat makeup, tak heran jerawat rajin berkunjung. Belum lagi gumpalan bedak di spons yang mungkin akan menyumbat pori. Jangan salahkan bedak yang tak cocok, karena mungkin saja ada kebiasaan berdandan Anda yang tak baik.
Tidak Menghapus Eyeliner Atau Maskara Yang Luntur

Ketika berwudu, ada kemungkinan eyeliner atau maskara Anda luntur (terutama jika Anda menggunakan produk yang formulanya tidak waterproof). Ketika touch up, Anda langsung menimpa eyeliner atau maskara yang luntur ini dengan bedak. Oh, no. Ini adalah salah satu kebiasaan yang tak baik, ladies! Meski bedak Anda memiliki coverage yang bagus, lunturan produk ini akan meninggalkan ‘noda’ berwarna keabuan dan memberi efek mata panda. Ada baiknya, Anda menggunakan produk dengan formula waterproof. Atau, Anda juga bisa membersihkan lunturan produk ini dengan makeup remover atau micellar water. Setelah bersih, barulah Anda aman untuk mengaplikasikan bedak.
Baca Juga: Buktikan!! Resep Alami Membuat Tangan dan Kaki Putih Alami

Selain merapikan kembali lapisan bedak, ada juga yang memperbaiki bagian makeup lainnya, termasuk eyeshadow, blush, hingga maskara. Nah, yang terakhir disebut ini cukup gawat. Jika sudah menggunakan maskara, apalagi maskaranya berjenis waterproof, Anda tak perlu lagi melapisinya. Menyapukan maskara di atas bulu mata yang sudah dilapisi maskara akan membuat cairannya menggumpal. Alih-alih lentik dan terdefinisi sempurna, bulu mata Anda pun jadi menempel satu sama lain. Selain lebih sulit dibersihkan, hal ini juga bisa membuat bulu mata cepat rontok!
Menimpa Lipstik Tanpa Menghapusnya

Lipstik adalah salah satu cara untuk tampil anti-kuyu. Benar tidak? Selain bedak, lipstik adalah produk yang paling sering diaplikasikan kembali setelah salat. Eits, jangan sembarang touch up dulu. Anda yang berpuasa atau yang memiliki kulit bibir kering sebaiknya menghapus sisa lipstik sebelumnya. Ini untuk menghindari aplikasi lipstik yang tak mulus karena ada kulit bibir yang pecah-pecah. Tak hanya itu, menimpa lipstik di atas sisa lipstik lama bisa menyebabkan kulit bibir menghitam, karena tumpukan minyak, kulit mati, dan kotoran. Bersihkan dulu sisa lipstik, gunakan lip balm, lalu lapisi bibir dengan lipstik baru.