Pengertian dan Fungsi Intranet Pada Jaringan Komputer

Pengertian dan Fungsi Intranet Pada Jaringan Komputer - Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Pengertian dan Fungsi Intranet Pada Jaringan Komputer
Pengertian dan Fungsi Intranet Pada Jaringan Komputer

Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Ketika kita mendengar kata intranet maka kita akan menghubungkannya dengan internet, akan tetapi sebenarnya antara keduanya sangatlah berbeda. Intranet merupakan bagian terkecil dari internet karena intranet hanya mencakup lingkungan yang sangat kecil dan intranet sendiri tidak bisa terkoneksi dengan jaringan yang lebih luas jika tidak ada akses internet.

Fungsi Intranet Pada Jaringan Komputer
Sesuai dengan definisi dari intranet itu sendiri fungsi dari intranet adalah untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lain juga perangkat jaringan yang lain seperti: switch, server, printer dan access point, akan tetapi layanannya terbatas hanya satu lokasi saja.

BACA JUGA:

Manfaat Dan Keuntungan Intranet Pada Jaringan Komputer
Penggunaan intranet pada jaringan komputer mempunyai banyak manfaat yang dapat dinikmati oleh penggunanya, diantaranya:
  • Dapat meningkatkan produktifitas kerja
  • Dapat meningkatkat kerja sama karena adanya hubungan komunikasi antar perangkat
  • Memudahkan komunikasi antar user
  • Efisiensi biaya dan waktu
  • Kemudahan mendapatkan informasi dalam lingkup tertentu
  • Penggunaan perangkat secara bersama-sama

Kekurangan Dan Kelemahan Intranet Pada Jaringan Komputer
Selain mempunyai kelebihan akan penggunaannya, intranet juga memiliki kelemahan, diantaranya:
  • Keamanan Data Kurang Terjaga
  • Lingkup area jaringan sangat kecil (hanya satu kantor, sekolah ataupun kampus)
  • Bisa terjadi overload karena terjadi pengiriman data secara bersamaan.

Itulah yang sempat saya bagikan kali ini. Semoga Pengertian dan Fungsi Intranet Pada Jaringan Komputer dapat bermanfaat bagi pengunjung sekalian dan jangan lupa nantikan postingan saya berikutnya. Terimakasih atas kunjungannya. Wassalam..