4 Cara Mudah Memperbaiki SD Card Android Dijamin Ampuh

4 Cara Mudah Memperbaiki SD Card Android Dijamin Ampuh - Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikeltutorial.com. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikeltutorial.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikeltutorial.com semuanya".

4 Cara Mudah Memperbaiki SD Card Android Dijamin Ampuh
4 Cara Mudah Memperbaiki SD Card Android Dijamin Ampuh
 
MicroSD adalah kartu memori non-volatile yang dikembangkan oleh SD Card Association yang digunakan dalam perangkat portable. Saat ini, teknologi microSD sudah digunakan oleh lebih dari 400 merek produk serta dianggap sebagai standar industri de-facto.

Keluarga microSD yang lain terbagi menjadi SDSC yang kapasitas maksimum resminya sekitar 2GB, meskipun beberapa ada yang sampai 4GB. SDHC (High Capacity) memiliki kapasitas dari 4GB sampai 32GB. Dan SDXC (Extended Capacity) kapasitasnya di atas 32GB hingga maksimum 2TB. Keberagaman kapasitas seringkali membuat kebingungan karena masing-masing protokol komunikasi sedikit berbeda.

Dari sudut pandang perangkat, semua kartu ini termasuk kedalam keluarga SD. SD adapter memungkinkan konversi fisik kartu SD yang lebih kecil untuk bekerja di slot fisik yang lebih besar dan pada dasarnya ini adalah alat pasif yang menghubungkan pin dari microSD yang kecil ke pin adaptor microSD yang lebih besar.

SD mempunyai bentuk fisik yang sama maka sering menyebabkan kebingungan di kalangan konsumen. Contohnya, MicroSD, MicroSDHC, dan MicroSDXC ukuran fisiknya sama tetapi kapabilitasnya berbeda. Protokol komunikasi untuk SDHC/SDXC/SDIO sedikit berbeda dengan MicroSD yang sudah mapan karena biasanya host device keluaran lama tidak bisa mengenali kartu keluaran baru. kebanyakan masalah mengenai inkompatibilitas ini dapat diselesaikan dengan firmware update.

Dan seperti yang kita tahu, gadget sangat lekat dengan Sd card ini ,apa lagi android. Yang sebagian besar penggunaan datanya disimpan alat ini,menyimpan data-data seperti aplikasi,media,music,foto,video dan yang lainnya. Karena alasan beberapa kelebihan tersebut Sd card adalah suatu perangkat yang wajib digunakan pada berbagai media digital khususnya android.  Lalu disisi lain karena banyaknya permintaan pasar, tentu hal ini mengundang berbagai perusahaan yang banyak memproduksi perangkat ini, dari kualitas yang paling bagus hingga yang minim. Dan karena persaingan itu terkadang memori yang kita gunakan belum tentu bagus. Karena banyaknya perusahaan yang memproduksi barangnya dengan kualitas buruk hanya karena demi larisnya barang. Dan pastinya kita juga sebagai pengguna gemar membeli dengan harga yang lebih murah. Dan tahukah kalian jika perangkat ini juga mempunyai kelemahan-kelemahan tersendiri ? seperti memory tidak terdeteksi,tidak terbaca dan beberapa masalah lainnya. Tentunya hal seperti ini sangat merepotkan ,apalagi karena semua file-file kita telah disimpan alat ini.

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut, mungkin salah satunya dengan memformat ulang. Ini mungkin lebih baik tapi yang jadi pertanyaan, bagaimana jika kerusakannya semakin parah dan tidak bisa diformat ulang bagaimana ? Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan  tentang Cara memperbaiki kartu memori pada android. Sebenarnya ini berlaku untuk semua penggunaan yang berhubungan dengan sd card, tapi saya ingin menjelaskan pada android karena penggunaanya sekarang lebih banyak di smartphone tersebut. Langsung saja, simak baik-baik ulasannya berikut ini :

Cara Pertama | Memperbaiki SD Card Android
  1. Keluarkan SD Card dari Android. Dan Pastikan sobat telah mematikan Android sobat terlebih dahulu.
  2. Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih atau penghapus 2B ). Gosok perlahan-lahan sampai bersih.
  3. Apabila sudah bersih, masukan kembali kartu memori kedalam slot memori lalu periksa apakan sudah terbaca atau belum.

Cara Kedua | Memperbaiki SD Card Android
  1. Masuk ke menu android "Setting > Storage". 
  2. Pilih option  Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori menjadi  bersih seperti baru kembali (format ulang).

BACA JUGA :

Cara Ketiga | Memperbaiki SD Card Android
  1. Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data.
  2. Pastikan Android sobat terhubung dalam "Mass storage mode (MSC)", bukan "Media transfer mode (MTP)".
  3. Buka Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu memory, pilih Properties > Tools > Error Checking, lalu tunggu sampai proses selesai.
  4. Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

Cara Keempat | Memperbaiki SD Card Android
  1. Apabila kartu memori terbaca dan terlihat apa-apa di komputer tetapi tidak terbaca di Android. Coba gunakan cara ini:
  2. Buat folder baru di hard disk, lalu copy semua data yang ada dimemory sobat dan paste ke dalam folder yang sudah dibuat barusan.
  3. Lalu format ulang langsung dari komputer.
  4. Setelah itu kembalikan lagi data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah di format tadi.
  5. Lalu cek lagi,berhasil atau tidak.

Jika setelah mencoba keempat cara diatas namun masih gagal, kartu memori sobat sudah benar-benar rusak, ganti dengan yang baru.

Demikian dulu postingan saya kali ini yang masih setia berbagi kepada anda. Semoga dengan adanya 4 Cara Mudah Memperbaiki SD Card Android Dijamin Ampuh ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa nantikan postingan saya berikutnya. Terima kasih atas kunjungan anda. Wassalam...