4 Posisi Tidur Terbaik Bagi Kesehatan Harus Diketahui

4 Posisi Tidur Terbaik Bagi Kesehatan - Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikeltutorial.com. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikeltutorial.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikeltutorial.com semuanya".

4 Posisi Tidur Terbaik Bagi Kesehatan
4 Posisi Tidur Terbaik Bagi Kesehatan
Tidur merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, agar kinerja dan performa tubuh tetap optimal saat tubuh sedang terjaga. Selama tidur, tubuh akan membentuk dan meregenerasi sel, mendukung fungsi otak, dan mengisi kembali energi tubuh. Bagi anak dan remaja, tidur dibutuhkan untuk membantu proses tumbuh kembang mereka.

Tidur bukan semata-mata mendaratkan tubuh ke kasur. Posisi tubuh saat beristirahat juga perlu mendapat perhatian. Jangan sampai menuai masalah hanya gara-gara posisi tidur yang salah yang tidak anda ketahui.

Sakit leher, masalah perut, bahkan keriput dini bisa saja muncul akibat dampak dari posisi tidur yang salah. Karenanya, temukan posisi tidur terbaik untuk tubuh Anda. Langsung saja berikut ini ulasan Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan:


Telentang
Selain menghindari sakit di area leher dan punggung, posisi ini juga dapat meredam masalah di pada perut. Gunakan bantal dengan ketebalan sedang untuk menyangga kepala agar kerongkongan lebih tinggi dari posisi perut. Ini efektif mencegah asam lambung.

Tidak adanya gesekan pada tubuh bagian depan ke bantal atau kasur juga membantu mencegah keriput di wajah dan payudara. Namun, posisi ini tidak baik untuk anda yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Tidur dengan punggung menempel sempurna di kasur memudahkan kepala, leher, dan tulang belakang untuk mempertahankan posisi netral. Posisi ini berguna agar dapat tetap menjaga bentuk tulang punggung agar tak melengkung.


Miring
Posisi ini juga efektif menghindari sakit leher dan punggung, mencegah produksi asam lambung, sekaligus meredam dengkuran. Posisi ini juga sangat baik untuk wanita yang tengah mengandung karena akan memperlancar aliran darah.

Namun, posisi ini tidak bersahabat bagi elastisitas kulit wajah dan payudara. “Gesekan salah satu sisi wajah ke bantal bisa memicu keriput, juga tekanan payudara yang tak seimbang mengganggu elastisitasnya,” kata Dee Anna Glaser, MD, seorang profesor dermatologi di Saint Louis University.

“Gunakan bantal yang bisa mengisi celah antara pundak dan kepala sehingga kepala dan leher bisa tersangga pada posisi yang netral,” Ken Shannon, seorang terapis fisik dari Bringham and Woman’s Hospital, Boston, menambahkan.

BACA JUGA :



Setengah Duduk
Posisi ini sangat baik untuk wanita hamil dan mereka yang memiliki gangguan mendengkur parah. Posisi ini akan memperlancar saluran pernapasan.

Meski bukan posisi tidur yang disarankan, tidur dengan ganjalan bantal hinggung punggung juga menghindari sakit leher dan punggung, mencegah keriput, dan menjaga elastisitas payudara.

“Posisi ini melengkung sehingga membatasi pernapasan diafragma,” kata Dody Chang, seorang ahli akupunktur berlisensi dari Center for Integrative Medicine di Greenwich Hospital, Connecticut.


Tengkurap
Ini dikata sebagai posisi tidur paling buruk. “Tidur dengan perut menempel di kasur membuat tulang belakang sulit mempertahankan posisi netral,” kata Shannon.

Posisi tersebut juga akan memicu sakit leher karena kepala otomatis akan menghadap ke salah satu sisi dalam waktu cukup lama. “Tapi posisi ini sangat baik untuk mereka yang punya masalah mendengkur parah,” kata Eric Olson, MD, direktur Mayo Clinic Center yang fokus menangani masalah tidur, di Rochester, Minnesota.

Demikian dulu postingan saya kali ini yang masih setia berbagi kepada anda. Semoga dengan adanya 4 Posisi Tidur Terbaik Bagi Kesehatan Harus Diketahui ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa nantikan postingan saya berikutnya. Terima kasih atas kunjungan anda. Wassalam...