Bahaya Permen Karet Pada Tubuh Jika Tertelan Yang Harus Diketahui

Bahaya Permen Karet Pada Tubuh Jika Tertelan Yang Harus Diketahui -Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikeltutorial.com. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikeltutorial.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikeltutorial.com semuanya".

Bahaya Permen Karet Pada Tubuh Jika Tertelan Yang Harus Diketahui
Bahaya Permen Karet Pada Tubuh Jika Tertelan Yang Harus Diketahui

Permen karet adalah permen kunyah yang memiliki ciri khas yaitu dapat dibuat untuk mengembangkan gelembung. Warnanya beraneka ragam dan memiliki rasa tertentu. Biasanya permen karet bersifat lengket dan pada saat gelembung terkembang hingga batas tertentu, maka gelembung akan pecah dan mengenai wajah. Hal itu terjadi karena permen karet lebih kental daripada permen kunyah manapun. Namun terdapat pula merk permen karet seperti Hubba Bubba yang bersifat tidak lengket dan cenderung disukai anak-anak.


Permen karet biasa dicampur di mesin permen karet. Permen karet dapat ditemukan di toko-toko.


Untuk menggelembungkan bola dengan permen karet, seseorang dapat meratakan gusi ke palatum (langit-langit mulut) dan kemudian menekannya ke belakang gigi. Kemudian dorong ke luar sedikit dengan lidah kemudian digelembungkan. Bila langkah tersebut dilakukan dengan benar, maka akan terbentuk gelembung yang menarik.


Pernah secara tidak sengaja menelan permen karet? Bagaimana reaksimu? Pasti ada sedikit takut, bukan? Tetapi setelah membaca artikel ini mungkin ada sedikit rasa lega yang anda alami. Ada yang bilang kalau kita menelan permen karet, permen karet tersebut akan berada dalam perut (tepatnya di usus) selama bertahun-tahun, atau bahkan kita bisa meninggal dunia. 

BACA JUGA :

Dan fakta membuktikan bahwa ternyata MITOS tersebut adalah salah besar. Kok bisa salah, penasaran? Berikut adalah penjelasannya yang lebih detail:
Permen karet sebenarnya terbuat dari karet dasar, pemanis dan penambah rasa serta pewarna. Karet dasar yang mudah dicerna biasanya terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier maupun lilin.

Nah, sebenarnya perut memang tidak dapat memecah permen karet sebagaimana yang dilakukan terhadap bahan makanan lain (yang memiliki tekstur normal). Namun sistem pencernaan memiliki cara lain untuk menangani benda-benda yang Anda telan.

Usus akan terus bergerak dan menggerakkan permen karet hingga membuatnya melewati usus dan keluar dari ujung sistem pencernaan. Jadi, permen karet bisa berakhir ditoilet / wc dalam waktu satu atau dua hari kemudian. Meskipun permen karet lengket, tapi biasanya tidak bisa mengalahkan kekuatan yang dimiliki usus (salute dengan buatan tuhan).

Air ludah akan berupaya mencerna permen karet segera setelah benda lengket itu dimasukkan ke dalam mulut. Meskipun yang dicerna kebanyakan adalah pemanis dan tambahan lainnya, tapi banyak juga bahan dasar permen karet yang ikut dicerna.

Kemudian permen karet akan turun ke otot perut, yang berkontraksi seperti gerakan cacing tanah, yang kemudian perlahan-lahan memaksanya melewati sistem pencernaan. Namun permen karet bisa berbahaya bila yang tertelan dalam jumlah banyak atau dalam ukuran yang besar dan dalam waktu yang singkat.

Kondisi ini bisa menyebabkan penyumbatan dalam sistem pencernaan, yang paling sering terjadi pada anak-anak karena saluran pencernaannya berdiameter kecil. Tapi kasus tersebut sangat jarang terjadi. (sedikit aman)

Lalu, hal apa yang seharusnya dilakukan jika kita tidak sengaja tertelan permen karet?
  1. Segera minum air putih yang banyak. Hal ini menghindari agar permen karet tidak menutup kerongkongan yang menyebabkan tersedak, terutama pada anak-anak.
  2. Untuk dapat  mempercepat pengeluaran permen karet dari dalam tubuh, juga bisa dibantu dengan memakan makanan (seperti nasi yang digumpal dengan ukuran cukup besar).
  3. Kenapa harus makan? Karena makanan akan membantu mendorong permen karet sehingga gerakan peristaltik dari usus semakin cepat mengeluarkannya dari tubuh.
  4. Semoga bermanfaat.
Demikian dulu postingan saya kali ini yang masih setia berbagi kepada anda. Semoga dengan adanya Bahaya Permen Karet Pada Tubuh Jika Tertelan Yang Harus Diketahui ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa nantikan postingan saya berikutnya. Terima kasih atas kunjungan anda. Wassalam...