Penyebab Laptop Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Penyebab Laptop Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah - Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikeltutorial.com. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikeltutorial.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikeltutorial.com semuanya".

Penyebab Laptop Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya. Panas merupakan salah satu persoalan terbesar bagi laptop. Panas yang berlebihan dari sebuah laptop dapat menggangu performa dari laptop itu sendiri, yang tentunya juga dapat menganggu kinerja dari penggunannya. Dibandingkan dengan sebuah PC, laptop cenderung lebih mudah panas. Karena biasanya sebuah PC masih mempunyai ruang didalamnya yang bisa digunakan untuk sirkulasi udara, sehingga sirkulasi udara pada PC cenderung lebih baik dibandingkan dengan laptop. 

Sementara laptop dengan desain yang lebih tipis dan minimalis, otomatis menyebabkan komponen yang ada di dalamnya menjadi sangat padat, sehingga sirkulasi udara didalamnya kurang begitu baik. Kali ini saya akan membagikan kepada anda semua beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop menjadi cepat panas.

Mungkin beberapa hal yang saya utarakan berikut ini merupakan beberapa hal dari sekian banyak kasus penyebab laptop cepat panas. Tentu saja ulasan berikut ini berdasarkan pengalaman pribadi saya dan di ambil dari beberapa sumber. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop Anda cepat panas.

1. Jangan terlalu sering digunakan untuk bermain game
Biasanya ini yang menjadi faktor utama seperti yang sudah saya jelaskan diatas dengan memainkan game kinerja hardware akan meningkat. Namun ada juga Laptop yang sudah di desain khusus untuk para pecinta game yang sudah terpasang komponen untuk mengatasi baterai laptop yang mudah panas.

2. Perhatikan waktu penggunaan perangkat
Gunakanlah sewajarnya ± 1-2,5 jam saja. Dan jangan pernah mengoperasikan laptop dalam keadaan baterai sedang diisi apa lagi kalau si laptop di jalankan tanpa menggunakan baterai. Karena baterai dapat mengatur tenaga yang dibutuhkan laptop itu sendiri apabila digunakan langsung terhubung dengan listrik maka tidak ada pengontrolan energi yang seharusnya digunakan laptop sehingga dapat merusak komponen-komponen didalamnya.

BACA JUGA :



3. Jangan mengoperasikan laptop di tempat yang empuk
Selanjutnya, cobalah untuk tidak menggunakan laptop di tempat yang empuk. Seperti diatas kasur, pangkuan, sofa karena hal tersebut menyebabkan panas yang dihasilkan oleh processor sulit diminimallkan karena sirkulasi udara tidak dapat keluar dengan lancar. Usahakan letakkan laptop di tempat yang mudah menyerap panas.

4. Periksa kinerja kipas pada prosesor
Putaran prosesor yang baik ±3000 rpm. Banyak penyebab yang menjadikan kipas tersebut bekerja sangat lambat mungkin debu atau yang lainnya. luangkanlah waktu untuk membersihkannya dan memberinya pelumas dalam jangka waktu 2 minggu sekali atau 3 minggu sekali.

5. Sesering mungkin untuk melakukan pengecekan pada thermal paste.
Thermal paste sendiri berfungsi sebagai penghantar panas pada GPU dan prosesor. Apabila Thermal paste sudah mengeras maka kewajiban Anda untuk segera menggantinya dengan yang baru.

6. Perhatikan suhu ruangan
Ada baiknya apabila menggunakan laptop diruang yang terbuka atau diruangan AC. Jangan mengoperasikan diruang yabg tertutup karena dapat menganggu sirkulasi udara perangkat.

7. Memanfaatkan Software Undervolting
Apa itu undervolting? Undervolting adalah merupakan proses pengurangan voltase yang berlebihan pada CPU dengan menggunakan software. Undervolting berusaha untuk mengatur voltase agar lebih stabil.

Demikian dulu postingan saya kali ini yang masih setia berbagi kepada anda. Semoga dengan adanya Penyebab Laptop Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa nantikan postingan saya berikutnya. Terima kasih atas kunjungan anda. Wassalam...