Solusi Cara Memperbaiki Smartphone Yang Tidak Bisa di Charge ( cas ) Dengan Mudah

Solusi Cara Memperbaiki Smartphone Yang Tidak Bisa di Charge ( cas )  - Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikeltutorial.com. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikeltutorial.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikeltutorial.com semuanya".


Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai cara memperbaiki smartphone yang tidak bisa di charge atau cas, terkadang Sobat jengkel kan ketika misal charge hape tidak penuh-penuh, apalagi harus buru-buru misal mau pergi acara kondangan charge smartphone kok gak penuh padahal mau foto-foto ama calon penganten yang bisa jadi mantan pacar.

Misal juga smartphonemu tidak mau di charge sama sekali, jangan buru-buru mengambil kesimpulan bahwa smartphone rusak. Maka dari itu disni saya kembali dan tidak bosannya berbagi kepada anda beberapa cara yang simple banget yang mungkin bisa menyelesaikan tanpa harus repot-repot pergi ke gadget centernya dan mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaikinya.

Pertama-tama Sobat harus tau, kenapa kok smartphone tidak bisa di charge

Analisis dan temukan masalahnya, ada dua permasalahan biasanya, batrey tidak mengeisi sama sekali dan sangat lambat mengisi, ketika kabel USB di masukan ( “di masukan” ada yang punya kosa kata lebih santun? please kasih saya saran,kalo pake kata “di colokan” seperti kurang baku ). ini adalah peramasalahan yang sering di jumpai, jadi berikut ini adalah solusinya, silahkan di baca, hayati, resapi dan praktekan.

Memperbaiki port USB

Ini adalah solusi yang cukup mudah, simple dan anti ribet, dan kebanyakan sukses pake cara ini, memperbaiki port USB di smartphone, permasalahnya biasanya ada pada logam USB smartphone yang tidak bisa terkoneksi dengan baik, misal karena Sobat sering telponan sambil facebookan, twitteran, bbman, whatsappan secara bareng, batrey menjadi boros, akhirnya terpaksa Sobat sering cabut colok kabel buat charge, ini bisa menjadi titik awal kerusakan pada USB port pada ponsel sobat.

Nah yang perlu sobat lakukan adalah, matikan Smartphonenya sekarang, keluarkan batreinya kemudian gunakan sesuatu yang kecil seperti tusuk gig atau jarum, lalu coba masukan benda itu  ( tusuk gigi ) kedalaam port USBnya, lakukan pelan-pelan dan hati-hati ulangi sampe sekitar 5 kali atau 7 kali. Langkah ini sangat membutuhkan kehati-hatian agar tidak menambah kerusakan pada USBnya.

Terkadang mengantongi smartphone kedalam celana juga menjadi masalah, menyebabkan kotor/lecet pada port USB smartphone, permasalahan ini bisa diatasi dengan meniup kuat-kuat atau menggunakan kompresor untuk membersihkanya.

Memperbaiki port USB android

Periksa kabel dan adaptor charge

Terkadang Sobat terburu-buru menyimpulkan bahwa smartphonenya yang rusak, padahal belum tentu, kabel charge juga bisa rusak loh, nah untuk permasalahan kabel charge, coba kalian gunakan kabel charge yang lain, kalo menggunakan kabel charge yang lain bisa mencharge dengan baik, selamat permasalahan ada di kabel anda, dan saat itu juga Sobat harus move on dan membeli kabel baru karena kerusakan kabel biasanya terjadi karena ada beberapa kabel yang putus atau arusnya bocor karena pelapis kabel berlubang.

BACA JUGA :



Lalu bagaimana kalo semisal dengan ganti kabel lain masih belum bisa, ya Sobat harus check adaptor chargenya, ganti adaptor lain dengan gunakan kabel asli smartphone Sobat, dan semisal ini bisa bekerja dengan baik, maka kerusakan ada pada adaptor charge.

charge dan kable android

Matikan smartphone Sobat mencharge ( cas )

Ini juga penting supaya smartphone Sobat cepat terisi, sebab semisal Sobat sedang mencharge dengan keadaan smartphone hidup, otomatis aplikasi yang ada di dalam smartphone juga bekerja, sedangkan aplikasi smartphone memerlukan banyak daya batrey, terutama facebook, skype, twitter dan masih banyak yang lainya, kadang ini juga penyebab kenapa smartphone Sobat lambat sekali dalam mengisi, jadi ini adalah trick simple dan mudah untuk mempercepat pengisian charge smartphone.

memperbaiki smartphone tidak bisa di charge

Jangan terlalu lama mencharge ( cas )

Yang ini sering terjadi, Sobat sering mencharge handphone saat akan tidur pada malam hari, lalu mencabut chargenya ketika bangun, padahal smartphone Sobat hanya perlu waktu 2 – 3 jam untuk mengisi batrey, memang tekhnologi smartphone terbaru bisa memutuskan arus listrik ketika smartphone sudah terisi penuh, tetapi ini kadang tidak bekerja dengan baik, apalagi jika Sobat melakukanya setiap malam, ini dapat berptonesi merusak batrey smartphone Sobat.

Charge ( cas ) menggunakan alat lain

ini yang sering Sobat lakukan juga, misal Sobat sering mencharge atau cas smartphone Sobat menggunakan laptop atau PC. ini juga dapat merusak, karena setiap perangkat yang digunakan untuk charging berebda beda kapasitasnya, dan jika Sobat menggunakanya sering, maka smartphone akan cepat rusak terutama peramasalahan pada arus listrik.

memperbaiki smartphone tidak bisa di charge

Ganti batrey

Ini cara yang terakhir jika dari cara diatas tidak bisa diguankan lagi, berarti batrey anda sudah rusak, jadi harus menggantinya, apalagi jika umur smartphone anda lebih dari 2 – 3 tahun, karena batrey menahan arus listrik terus-menurus, maka kerusakaan jelas akan terjadi, dan ini adalah solusi yang pas untuk memerpbaikinya, mengganti batrey

memperbaiki smartphone tidak bisa di charge

Demikian dulu postingan saya kali ini yang masih setia berbagi kepada anda. Semoga dengan adanya Solusi Cara Memperbaiki Smartphone Yang Tidak Bisa di Charge ( cas )  ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa nantikan postingan saya berikutnya. Terima kasih atas kunjungan anda. Wassalam...