Solusi Cara Mengatasi Error Windows Store dan Calculator Pada Windows 10

Solusi Cara Mengatasi Error Windows Store dan Calculator Pada Windows 10 - Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikeltutorial.com. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikeltutorial.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikeltutorial.com semuanya".

Solusi Cara Mengatasi Error Windows Store dan Calculator Pada Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 (v10.0.10586) dirilis ke publik.

Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Konferensi Build, Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh (seperti komputer meja dan laptop), termasuk kebangkitan menu Mulai yang terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop daripada modus layar penuh.

Baru – baru ini saya mengalami masalah error Windows Store dan Calculator di Windows 10, di mana tiba – tiba ketika saya search kata ‘Store’ di search bar, icon Windows Store yang biasanya muncul mendadak tidak ada. Yang ada adalah suggestion aplikasi – aplikasi lain yang mengandung kata ‘Store’. Kasus ini saya alami awalnya ketika saya hendak menggunakan aplikasi Calculator bawaan Windows. Icon aplikasi Calculator tersebut bisa muncul tetapi ketika diklik tidak muncul apa – apa. Kemudian saya pikir hendak menginstall aplikasi Calculator lainnya melalui Windows Store. Cilakanya ternyata saya mengalami kasus di atas, di mana saya tidak dapat mengakses Windows Store di Windows 10 saya. Nah, setelah Googling kian kemari, saya memutuskan untuk melakukan uninstall kemudian install ulang aplikasi Windows Store dan Calculator. Namun karena ini adalah aplikasi bawaan Windows, caranya tidak bisa melalui Control Panel seperti biasa, tetapi harus melalui Power Shell. Berikut ini adalah langkah – langkahnya:

1. Tekan tombol Windows + S, lalu ketikkan ‘Power Shell’

2. Klik kanan, lalu pilih Run As Administrator

3. Untuk meng-uninstall Calculator, masukkan perintah ini di Power Shell tersebut: Get-AppxPackage *windowscalculator* | Remove-AppxPackage

4. Untuk meng-uninstall Windows Store, masukkan perintah ini di Power Shell tersebut: Get-AppxPackage *windowsstore* | Remove-AppxPackage

5. Uninstall Windows Store dan Calculator selesai, sekarang masukkan perintah ini untuk menginstall kembali Windows Store:
Get-AppXPackage *WindowsStore* -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

Untuk meng-install kembali Calculator, sayangnya saya sudah mencoba command serupa yang saya gunakan untuk install ulang Windows Store tetapi selalu mendapat error. Bahkan ketika saya mencoba melakukan instalasi via Windows Store, saya mendapat error code ‘0x80070005′. Akhirnya saya melakukan install aplikasi Calculator lainnya dari Windows Store yaitu Calculator2.

BACA JUGA :



Demikian dulu postingan saya kali ini yang masih setia berbagi kepada anda. Semoga dengan adanya Solusi Cara Mengatasi Error Windows Store dan Calculator Pada Windows 10 ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa nantikan postingan saya berikutnya. Terima kasih atas kunjungan anda. Wassalam...