Solusi Mengatasi Masalah Motherboard Yang Rusak, Mencuci Dengan Air

Solusi Mengatasi Masalah Motherboard Yang Rusak - Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikeltutorial.com. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikeltutorial.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikeltutorial.com semuanya".
 
Solusi Mengatasi Masalah Motherboard Yang Rusak
Solusi Mengatasi Masalah Motherboard Yang Rusak
 
Motherboard atau juga biasa disebut Mainboard atau mobo merupakan papan utama yang digunakan untuk meletakkan komponen – komponen utama sebuah komputer seperti RAM, BIOS, ROM, microprocessor, dan chip kontroler lainnya. Pada motherboard juga tersedia SLOT Ekspansi yang menjadi tempat untuk memasang card tambahan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan dan fasilitas yang dibutuhkan. Microprocessor terpasang apda soket yang sesuai dengan ukuran dan bentuk microprocessor tersebut misalnya soket 370, soket 470, soket A 462, soket LGA 775, dan soket slot I.

Pada motherboard microprocessor berkomunikasi dengan komponen lain melalui suatu jalur data. Motherboard yang dimiliki kadang tidak berkerja dengan mulus seperti apa yang Sobat inginkan. Berikut ini beberapa tips cara memperbaiki motherboard rusak yang dapat dilakukan.

Mengingat fungsi Motherboard sangat penting maka tentunya jika Motherboard bermasalah komputer/laptop tidak akan menyala, walaupun Motherboard bukan satu-satunya penyebab utama komputer mati total. Sangat jarang Motherboard bermasalah sehingga dikategorikan rusak atau mati total, kecuali disebabkan oleh tegangan listrik atau Motherboard sudah berumur. Umumnya Motherboard dirancang sedemikian rupa agar mempunyai ketahanan dan kekuatan yang maksimal.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba memperbaiki Motherboard dengan cara yang dapat dikata "ekstrim", yaitu direndam atau dicuci menggunakan air dan deterjen. Kenapa harus mencuci Motherboard dengan air? bukankah itu akan menyebabkan konslet sehingga akan semakin memperparah keadaan fisik Motherboard? Ok nanti akan saya jelaskan dibawah.

Namun sebelum menginjak kepembahasan mencuci Motherboard dengan air dan deterjen, sebaiknya kita pelajari dulu penyebab-penyebab lain yang memungkinkan komputer/laptop mati total. Karena seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa kerusakan komputer/laptop yang mati total bukan Motherboard saja yang menjadi penyebabnya.

Komputer/laptop Mati Total Kemungkinan Chipset VGA Rusak

Komputer/laptop mati total
dapat saja disebabkan karena Chipset VGA yang bermasalah atau sudah rusak. Fungsi VGA adalah untuk menampilkan gambar pada layar monitor. Dengan begitu mungkin saja jika kita ketika menyalakan komputer tapi pada layar monitor tidak tampil apapun (blank) kemungkinan VGA yang lemah. Jika Chipset VGA yang bermasalah maka sebetulnya Motherboard ini sudah bekerja dengan baik.

Ketika komputer dinyalakan coba Sobat dengan apakah ada suara bip atau tidak. Jika terdengar suara bip kemungkinan besar Chipset VGA yang rusak. Karena suara bip ini menandakan Motherboard sudah bekerja dengan baik.

Jika Sobat menggunakan VGA Card atau VGA Eksternal silakan
Sobat cabut kemudian coba menggunakan VGA Internal (onboard). Atau coba bersihkan VGA Card pin-nya atau kipasnya.

Komputer/laptop Tidak Mau Menyala Mungkin Juga RAM-nya Rusak

Kemungkinan selanjutnya yang menyebabkan komputer/laptop tidak mau menyala masalahnya ada di RAM atau Memori. Apalagi jika komputer dinyalakan terdengar bunyi bip yang panjang berulang-ulang
dapat dipastikan RAM yang bermasalah. Cara gampangnya untuk memastikan kalau RAM bermasalah silakan Sobat coba dengan memori lain yang dianggap masih bagus/normal.
 
BACA JUGA :


Komputer/laptop Tidak Mau Hidup Karena Power Supply Bermasalah

Alasan yang masuk akal lainnya ketika komputer dinyalakan tapi tidak mau hidup adalah power supply yang bermasalah. Fungsi utama perangkat yang satu ini adalah untuk memberi supply listrik ke seluruh perangkat CPU terutama Motherboard. Jika power supply sudah tidak normal atau rusak tentu saja semua perangkat CPU tidak akan berjalan sama sekali. Ketika komputer dinyalakan apakah kipas (fun) yang ada di power supply berputar atau tidak. Tetapi jika tidak berputar juga belum tentu kalau power supply bermasalah.

Mungkin Juga Processor Yang Menjadi Akar Permasalahnnya

Penyebab lainnya kalau komputer/laptop tidak mau menyala walaupun sangat jarang terjadi adalah processornya. Coba
Sobat cek pendingin processor termasuk kipasnya berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak maka suhu processor akan everheat. Panas berlebih pada processor dapat menyebabkan komputer tidak hidup meskipun processor masih bagus. Selanjutnya jika processor terasa dingin ketika Motherboard sudah dinyalakan maka processor sama sekali tidak bekerja atau dapat dikategorikan sudah rusak. Coba ganti dengan processor lain yang sejenis untuk mengetesnya.

Alasan Lainnya Mungkin Saja Monitornya Yang Jelek

Jangan dulu mengambil kesimpulan kalau Motherboard yang rusak mati total. Pasalnya masuk akal juga jika komputer tidak mau menyala masalahnya adalah monitor yang rusak. Cara gampangnya untuk memastikan kalau monitor bermasalah atau tidak ketika CPU sudah dinyalakan silakan
Sobat tekan tombol Numlock pada keyboard. Jika tombol Numlock ini menyala maka sudah dipastikan masalahnya ada di monitor.

Berikut Cara Memperbaiki Motherboard Dengan Cara Mencuci Motherboard Dengan Air Dan Deterjen

Akhirnya sampai juga keinti permasalahan yaitu memperbaiki Motherboard dengan cara mencucinya. Jika semua cara diatas sudah
Sobat lakukan tapi tetap saja komputer/laptop tidak mau menyala kita coba mencuci Motherboard dengan air dan deterjen. Ada satu lagi yang terlewatkan yaitu Sobat harus mengecek jumper Clear CMOS.

Mungkin saja posisi jumper clear CMOS berada pada posisi clear apalagi Motherboard yang masih baru. Banyak kasus yang saya temukan dengan melakukan reset clear CMOS yang semula Motherboard tidak berfungsi maka akan kembali normal. Jadi silakan
Sobat untuk melakukan clear CMOS terlebih dahulu dengan cara menukarkan posisi jumper. Jumper clear CMOS ini umumnya terletak di dekat baterai CMOS yang bertuliskan CLR CMOS. Sobat matikan dulu CPU kemudian tukarkan posisi jumper dan nyalakan, tunggu kira-kira 5 menit. Setelah itu matikan lagi CPU dan kembalikan lagi posisi jumper clear CMOS ketempat semula. Coba sekarang nyalakan CPU apakah dapat menyala dengan baik atau tidak. Biasanya jika CPU kembali normal maka Sobat akan diperintah masuk ke BIOS untuk mengatur waktu (jam dan tanggal) komputer.

Semua langkah sudah
Sobat coba dan tidak membuahkan hasil, ok kita coba saja cara ekstrim ini yaitu mencuci Motherboard dengan air dan deterjen. Alasan kita harus mencuci Motherboard adalah :
  1. Komputer yang kita gunakan secara terus menerus akan menghasilkan panas walaupun ada kipas (fun). Lama kelamaan panas ini akan menarik debu dari luar dan menempel pada Motherboard serta komponen perangkat keras lainnya. Jika debu tersebut dalam jumlah sedikit pastinya tidak akan berpengaruh apapun pada Motherboard. Tetapi jika kadar debu sudah meningkat dan kita biarkan seiring perubahan suhu maka debu dapat berubah menjadi seperti garam/karat yang bersifat konduktor. Tentunya jika hal tersebut terjadi maka debu-debu ini akan menjadi penghantar yang dapat menyebabkan konsleting hubungan pendek pada Motherboard. 
  2. Motherboard komputer atau laptop saat ini umumnya dirancang dengan sistem pendeteksi otomatis dimana jika pada Motherboard terjadi hubungan pendek maka sistem tersebut akan mematikan fungsi Power Switch. Alat pendeteksi ini berfungsi untuk menghindari terjadinya kerusakan pada komponen lain. Selanjutnya jika Power Switch tidak berfungsi bukankah Motherboard menjadi mati total?

Bagaimana masuk akal juga tidak jika kita harus mencuci Motherboard jika komputer tidak mau menyala? Ok jika
Sobat sepakat dan ingin mencoba langkah ekstrim ini silakan siapkan dulu perlengkapan berikut :
  1. Air bersih dalam ember atau wadah yang lebar atau kira-kira dapat memasukkan Motherboard kedalamnya;
  2. Deterjen bubuk atau sabun cuci cair juga bisa;
  3. Kuas lembut yang masih bagus;
  4. Hair Dryer atau Kipas Angin;
  5. Kain lap tipis yang lembut atau kertas tisu.

Lakukan hal berikut untuk kegiatan mencuci Motherboard yang rusak mati total :
  1. Lepaskan semua komponen yang terpasang di Motherboard seperti Processor, IC-CMOS, Baterai CMOS, RAM/Memori, Wireless Adapter, dan sebagainya yang tentunya yang dapat Sobat lepas;
  2. Larutkan deterjen bubuk atau sabun cuci cair kedalam ember yang sudah diisi air secukupnya. Aduk deterjen atau sabun cuci cair sampai merata hingga berbusa dan untuk deterjen disarankan diaduk sampai deterjen benar-benar hancur;
  3. Masukkan Motherboard kedalam ember yang sudah diisi air dan deterjen atau sabun cuci cair tersebut dan biarkan kira-kira 5 menit (merendam). Setelah itu Sobat bersihkan menggunakan kuas lembut dengan cara menggosok-gosoknya sampai benar-benar bersih debu yang menempel pada Motherboard. Berikan gosokkan ekstra pada slot-slot Motherboard seperti slot RAM/Memori, PCI, dan sebagainya;
  4. Jika Motherboard sudah digosok semua secara merata sekarang bersihkan Motherboard atau cuci dengan air sisa-sisa sabun benar-benar bersih tidak terlewatkan;
  5. Keringkan Motherboard menggunakan Hair Dryer atau Kipas Angin;
  6. Pastikan ketika mengeringkan Motherboard jangan sampai ada sisa-sisa air sedikitpun yang tersisa. Motherboard harus benar-benar KERING … !!!

"Jangan mengeringkan (menjemur) Motherboard diatas sinar matahari secara langsung. Lebih baik mengeringkan Motherboard dengan cara diangin-anginkan ditempat yang aman terlindung hingga Motherboard benar-benar kering.

Kegiatan mencuci Motherboard dengan air dan deterjen tidak menjamin 100% kalau Motherboard akan kembali normal. Jika kerusakannya terletak pada komponen tertentu Motherboard maka
Sobat harus menggantinya. Kegiatan mencuci hanya tindakan solusi yang kemungkinan besar Motherboard mati total disebabkan oleh debu-debu yang menempel.

Demikian dulu postingan saya kali ini yang masih setia berbagi kepada
Sobat. Semoga dengan adanya Solusi Mengatasi Masalah Motherboard Yang Rusak ini dapat bermanfaat bagi Sobat dan jangan lupa nantikan postingan saya berikutnya. Terima kasih atas kunjungan Sobat. Wassalam...