Tutorial Cara Membuat Efek Infrared Menggunakan Photoshop Dengan Mudah

Tutorial Cara Membuat Efek Infrared Menggunakan Photoshop Dengan Mudah - Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikeltutorial.com. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikeltutorial.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikeltutorial.com semuanya".

Tutorial Cara Membuat Efek Infrared Menggunakan Photoshop Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini saya sebagai admin akan mencoba sedikit membahas tentang cara membuat sebuah efek manipulasi yang dinamakan efek infrared ke dalam sebuah foto atau gambar.

Inframerah adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bawah"), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700  nm dan 1 mm. Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell, astronom kerajaan Inggris ketika ia sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optis yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari pada teleskop tata surya

Efek infrared akan membuat suasana di dalam sebuah foto menjadi berbeda. Efek ini biasanya digunakan oleh para fotografer untuk membuat foto mereka mejadi menarik dan lain daripada yang lain. Maka dari itu, saya rasa perlu bagi kita para pecinta editing foto menggunakan photoshop untuk mempelajari bagaimana cara pembuatan efek infrared ini. Langsung saja simak baik-baik tutorial berikut ini :

Langkah-langkah yang akan saya jelaskan berikutnya akan memaparkan proses pembuatan efek infrared dengan memanfaatkan program editing foto adobe photoshop. Ada beberapa teknik editing yang digunakan dalam menciptakan efek ini, diantaranya adalah penggunaan color channels dan adjustments layer. Di sini juga kita akan belajar bagaimana cara menggunakan channel mixer di dalam photoshop. Silahkan anda simak tutorial photoshop - nya di bawah ini:


Tutorial Cara Mudah Membuat Efek Infrared dengan Photoshop

Langkah Pertama

Buka file foto yang akan diedit dengan menggunakan adobe photoshop. Anda akan memiliki sebuah layer bernama “Background”. Sekarang, sebagai langkah pertama anda harus melakukan duplikasi pada layer tersebut. Caranya yaitu dengan menekan tombol CTRL + J yang mana akan memunculkan sebuah layer baru di atas layer background bernama "layer 1".Mari kita rubah nama layer tersebut dengan cara mengklik dua kali dan mengganti namanya menjadi "infrared"

Cara Mudah Membuat Efek Infrared dengan Photoshop

Langkah Kedua
 
Pada layers panel, klik Channels Palette lalu klik pada layer dengan tulisan Green. Maka foto akan berubah warna menjadi hitam putih.


Langkah Ketiga
 
Masih pada posisi mengklik channel green, tambahkan efek Gaussian Blur (Filter>Blur>Gaussian Blur) atur radiusnya pada angka 4.5 (sesuaikan dengan ukuran gambar). Kemudian klik ok sehingga hasilnya kurang lebih seperti ini:


Langkah Keempat
 
Klik Layer Infrared kemudian ubah Blending Mode-nya menjadi Screen, perhatikan gambar berikut:

Cara Mudah Membuat Efek Infrared dengan Photoshop

Langkah Kelima
Di sini kita akan menambahkan Channel Mixer kedalam foto tersebut. Klik ikon New Adjustment  Layer yang ada di bagian bawah layers panel lalu pilihlah opsi Channel Mixer.


Cara Mudah Membuat Efek Infrared dengan Photoshop

Bagian yang saya lingkari adalah kolom yang harus kita ubah angkanya. Pada kolom source channels ini ubah Red menjadi -50%, Green menjadi 200%, dan Blue menjadi -50%. Lalu jangan lupa untuk mengklik kolom Monochrome. Hasil gambarnya akan terlihat seperti ini:


Cara Mudah Membuat Efek Infrared dengan Photoshop

Langkah Keenam
Pada tahap keenam ini, kita akan mengurangi Opacity dari layer infrared. Atur saja opacity-nya kurang lebih pada angka 35% maka hasil akhirnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini:


Cara Mudah Membuat Efek Infrared dengan Photoshop

Langkah Ketujuh
Untuk tahap finishing, Mari kita duplikat layer Background sekali lagi, kemudian beri nama layer tersebut menjadi "Colorized". Lalu drag layer tersebut sehingga posisinya berada di bawah layer Channel Mixer.


Cara Mudah Membuat Efek Infrared dengan Photoshop

Langkah terakhir yang perlu kita lakukan adalah mengubah Blending Mode-nya menjadi Overlay,

Cara Mudah Membuat Efek Infrared dengan Photoshop

Dan jadilah efek infrared seperti ini:


Cara Mudah Membuat Efek Infrared dengan Photoshop

Kurang lebih begtulah tahap-tahap yang bisa anda ikuti untuk membuat efek infrared pada foto dengan menggunakan photoshop. Mungkin sebagai tambahan anda bisa menambahkan sedikit efek noise untuk membuat foto tersebut benar-benar seperti dibuat dengan efek infrared. Tapi dengan mengikuti tutorial di atas saja saya kira sudah cukup untuk menghadirkan efek infrared ke dalam sebuah foto. Mungkin anda hanya perlu bereksperiment pada pengaturan angka-angkanya karena setiap foto pasti akan membutuhkan pengaturan yang berbeda. So, selamat mempraktekkan tutorial photoshop ini dirumah. Good Luck

BACA JUGA :



Demikian dulu postingan saya kali ini yang masih setia berbagi kepada anda. Semoga dengan adanya Tutorial Membuat Efek Infrared Menggunakan Photoshop Dengan Mudah ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa nantikan postingan saya berikutnya. Terima kasih atas kunjungan anda. Wassalam...