8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan - Halo sobat pengunjung setia Artikel Tutorial semuanya. Selamat datang saya ucapkan diblog kebanggaan saya yang sederhana ini yaitu www.artikeltutorial.com. Blog ini akan selalu update setiap harinya yang memberikan anda Informasi dan Artikel menarik, bukan hanya itu blog ini juga berisi berbagai Tips dan Tutorial. Silakan simpan alamat blog www.artikeltutorial.com atau Anda bisa bookmark (masukan ke penanda) agar bisa mengunjungi lain waktu ke blog ini dengan mudah."Prolog dari Artikel Tutorial sekaligus salam kenal kepada pengunjung setia www.artikeltutorial.com semuanya".

7 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35 - 40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10–40 m.

Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh (Jw.).

Berbagai macam buah dapat digunakan sebagai obat seperti Manfaat Daun Buah Pepaya Sebagai Obat Demam Berdarah , Nah.. Buah mangga selain memiliki rasa yang enak ternyata memiliki banyak manfaat / khasiat untuk kesehatan tubuh dan mencegah penyakit. Langsung saja berikut beberapa khasiat buah mangga untuk kesehatan:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan vitamin C, pektin dan serat yang ditemukan dalam buah mangga memiliki kadar yang tinggi dan membantu untuk menurunkan kolesterol khususnya lemak
jahat (LDL) sehingga mencegah terkena stroke.
2. Merawat dan membersihkan kulit

Khasiat mangga untuk perawatan kulit adalah mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat serta menghilangkan jerawat. Supaya mendapatkan kulit sehat dan terawat, buah bisa langsung dimakan, dijadikan jus ataupun dioleskan langsung ke permukaan kulit.

3. Efektif mencegah penyakit kanker

Penelitian menemukan bahwa senyawa antioksidan yang ada di buah mangga (fisetin, isoquercitrin, gallic acid, quercetin, astragalin dan juga methylgallat) ternyata memiliki khasiat melindungi tubuh terhadap penyakit kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar, dan leukemia. ( Baca Juga :
Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Salah Satunya Sebagai Penangkal Kanker )


4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Melimpahnya kandungan vitamin A dan vitamin C dalam mangga ditambah lagi kandungan 26 jenis karotenoid sangat efekti untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dan sehat.

5. Membantu penderita diabetes

Daun mangga dapat membantu menormalkan kadar insulin dalam darah. Caranya dengan merebus daun mangga, direndam sepanjang malam dan kemudian meminumnya saat bangun dipagi hari. Khasiat buah mangga lainnya adalah tidak akan meningkatkan kadar gula tubuh secara cepat karena indeks glycemic-nya relatif rendah.

6. Menjaga suhu badan dari serangan panas yang menyengat

Jus mangga hijau yang dicampur air dan pemanis mampu mendinginkan tubuh dan mencegah kelelahan akibat panas sinar matahari yang membakar tubuh.


7. Meningkatkan performa seks

Dalam penelitian terbaru fungsi vitamin E diketahui membantu performa dalam hubungan intim, buah mangga memiliki kandungan vitamin E yang tepat dan seimbang untuk mencapai hal tersebut. ( BACA JUGA : SEJUMLAH FAKTA DUNIA TENTANG SEX )

8. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah mangga yang lain untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan mata (kandungan vitamin A-nya mencukupi 24% dari kebutuhan minimal tubuh), sebagai sumber alkali tubuh, memperbaiki sistem pencernaan (kaya serat alami), dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Demikian dulu postingan saya kali ini yang masih setia berbagi kepada anda. Semoga dengan adanya Beberapa Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa nantikan postingan saya berikutnya. Terima kasih atas kunjungan anda. Wassalam...